Kamis, 23 Februari 2017

Kapolres Aceh Timur: Alhamdulillah Rapat Rekapitulasi Penghitungan Suara Berjalan Lancar Dan Aman

Tribrata News Aceh Timur-Selisih tipis pada penghitungan suara serta diwarnai aksi walk out dari saksi salah satu pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Aceh Timur, Rapat Pleno Hasil Rekapitulasi Pemungutan Dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati Aceh Timur Pada Pemilukada Tahun 2017 yang diadakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Timur, pada Kamis (23/02) berjalan lancar dan aman.
"Rapat pleno, Alhamdulillah berjalan lancar dan aman, terima kasih kepada masyarakat Aceh Timur yang terus menjaga persaudaraan dan kerukunan. Jadi bisa kami pastikan wilayah hukum Polres Aceh Timur Kondusif," ujar Kapolres Aceh Timur kepada wartawan usai penutupan rapat pleno.
Ia menambahkan, sinergitas para petugas gabungan yang melaksanakan pengamanan pleno kali ini juga sangat kami apresiasi. Atas nama pimpinan, kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan (TNI, Polri, Brimob, Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran dan Satpol PP) atas giat ini. Terang Kapolres Aceh Timur. AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum.
Sebelumnya, KIP Aceh Timur mengadakan Rapat Pleno Hasil Rekapitulasi Pemungutan Dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati Aceh Timur Pada Pemilukada Tahun 2017 yang dipimpin oleh Ketua KIP Iskandar A. Gani bersama komisioner KIP lainnya yakni Tarmizi, Ridwan Su’ud, Mulia Karim dan Sofyan Hamsya.
Dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Timur Zainal Abidin, 24 Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan saksi dari kedua Paslon Bupati-Wakil Bupati Aceh Timur Periode 2017-2022.
Dalam Pemilukada Tahun 2017 ini, Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Aceh Timur sebanyak 278.203 jiwa dan jumlah warga yang menggunakan hak pilih sebanyak 189.704.
Adapun jumlah peroleh suara masing -masing calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh sebagai berikut:
Nomor Urut 1 (Tarmizi Karim-Muhsalmina Ali): 20.861 suara; Nomor Urut 2 (Zakaria Saman-T. Alaidinsyah): 10.058 suara; Nomor Urut 3 (Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab): 1.349 suara; Nomor Urut 4 (Zaini Abdullah-Nasaruddin): 4.224 suara; Nomor Urut 5 (Muzakir Manaf-T.A Khalid): 77.954 suara dan Nomor Urut 6 (Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah): 60.892 suara.
Sedangkan perolehan suara calon Bupati-Wakil Bupati adalah: Nomor Urut 1 (Ridwan Abu Bakar-Abdul Rani): 88.698 suara dan Nomor Urut 2 (Hasballah Bin H.M Thaib-Syahrul Bin Syama’un): 93.228 suara. Pada saat pelaksanaan rapat pleno penghitungan suara bupati-wakil bupati, hanya diikuti oleh satu saksi yaitu saksi dari Pasangan Nomor Urut 2. Sedangkan saksi dari Pasangan Nomor Urut 1 meninggalkan tempat rapat, dengan mengajukan keberatan. Karena Pasangan Nomor Urut 1 menilai terdapat kecurangan serta adanya peristiwa tanggal 16 Februari lalu terkait Formulir C1. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar