Senin, 20 Maret 2017

Polsek Madat Sosialisasi Waspada Penculikan Anak

Tribrata News Aceh Timur-Menyikapi maraknya penculikaan terhadap anak, tiga anggota Kepolisian Sektor Madat; Briptu TM. Chairul. F (Kanit Binmas), Bripka Suryadiansyah (Kasium) dan Brigadir Ony Ade Astra( Bhabinkamtibmas) Senin (20/03),  menggelar sosialisasi terhadap murid SD Tanjung Minjei terkait maraknya kasus penculikan anak yang terjadi akhir-kahir ini di beberapa daerah.
"Sosialisasi ini kami gelar untuk mengantisipasi terjadinya kasus penculikan anak di wilayah Madat," kata Kapolsek Madat, Ipda Hendra Sukmana.
Menurut dia, kasus penculikan anak di Indonesia terus meningkat. Korban penculikan sebagian besar berusia 10 tahun ke bawah atau masih duduk di bangku SD dan TK. Adapun modus yang digunakan penculik adalah dengan cara membujuk korban atau mengaku sebagai orang tua korban dan menjemputnya ke sekolah.
"Biasanya korban diiming-imingi uang atau dibelikan barang oleh pelaku. Setelah korban bersedia, langsung dibawa kabur dan meminta tebusan pada orang tua korban," ucapnya.
Selain menggelar sosialisasi, Polsek Madat juga telah melakukan pendekatan melalui tokoh-tokoh masyarakat sehingga warga tetap waspada, namun tidak mudah terprovokasi. 
Kapolsek menjelaskan, meski penculikan anak memang terjadi di lapangan, namun tidak sedikit informasi yang beredar di masyarakat tentang penculikan akhir-akhir ini justru menyesatkan sehingga membuat masyarakat resah.
Kendatipun demikian, sambung Kapolsek, polisi bersama masyarakat tetap harus meningkatkan kewaspadaan dengan menggelar patroli secara rutin.
"Kami juga akan melakukan penjagaan di titik-titik tertentu yang dinilai rawan terjadinya tindak kriminalitas," ujarnya.
Ditambakanya "Tanggung jawab terhadap anak ada tiga unsur yakni; orang tua, guru dan masyarakat," terang Kapolsek Madat Ipda Hendra Sukmana. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar