Selasa, 18 April 2017

Kapolres Aceh Timur Menjadi Pemateri Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Tribrata News Aceh Timur-Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum, pada Selasa (18/04) pagi menjadi pemateri Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diadakan oleh Kesbangpol Kabupaten Aceh Timur.
Sosialisasi dibuka oleh Sekda Aceh Timur M. Ikhsan Akhyat ini dilaksanakan di Aula Pendopo Bupati Aceh Timur yang dihadiri Kapolres Aceh Timur (AKBP Rudi Purwiyanto S.I.K, M.Hum), Kasi Intel Kejaksaan Negeri Idi (Khairul Hisam) mewakili Kepala Kejaksaan, Kepala Kesbangpol Kabupaten Aceh Timur (M. Amin), Danramil 08/Idr, Idi Rayeuk (Kapten M. Rizal) mewakili Dandim 0104/Atim, Anggota DPRK Aceh Timur (Iskandar alias Sarong), Akademisi UNSAM Langsa (Jauhari Amin) dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, LSM serta Ormas.
Dalam penyampaianya Kapolres mengatakan, setiap orang harus paham status dan peranya masing-masing, baik dalam kehidupan rumah tangga maupun dalam kehidupan sosial masyarkat. Seperti, dalam kehidupan kita dalam bermasyarakat kita butuh wadah, contoh kecil dalam kehidupan sehari-hari mempunyai peran masing-masing. Umpamanya suami sebagai kepala rumah tangga dan istri sebagai pengurus rumah tangga, bila peran ini berbeda yaitu tidak susuai dengan kodratnya maka kehidupan rumah tangga pasti tidak harmonis. Kata Kapolres.
Sehingga, apabila kita salah dalam memaknai status dan peran, maka yang timbul adalah konflik dan itu berkaitan dengan permasalahan hukum. Sehingga kenapa hukum itu harus ada, karena sebagai pembatas antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. Ujar Kapolres.
Empat pilar kebangsaan, lanjut Kapolres, terdiri dari; Pancasila; UUD 1945; Negara dan Bhineka Tunggal Ika. Dari empat unsur tersebut timbulah undang-undang yang mengatur kita dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Ungkap Kapolres.
Ditambahkanya, kita harus menjaga kearifan lokal jangan sampai tergerus oleh budaya luar yang masuk dan kita harus bangga terhadap budaya kita sendiri maka dari itu budaya yang sudah ada mari kita jaga dan jadikan budaya lokal sebagai potensi. Pancasila adalah pondasi, UUD 1945 adalah dinding, NKRI adalah atap dan Bhineka Tunggal Ika adalah penghuni maka dari itu adanya empat pilar tersebut mempunyai keterkaitan yang kuat dan perlu dijaga agar terciptanya kehidupan yang damai dan aman. Terang Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum. (Iwan Gunawan). 

0 komentar:

Posting Komentar