TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Rapat Koordinasi Pengamanan Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Aceh Timur Periode 2017-2022

Tribrata News Aceh Timur-Kepolisian Resor Aceh Timur pada Selasa (11/07) melakukan rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam rencana pengamanan pelantikan Bupati-Wakil Bupati Aceh Timur Periode 2017-2022 yang akan dilaksanakan pada Kamis (13/07) mendatang.
Rakor dihadiri oleh; Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto S.I.K, M. Hum, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Timur, Burhanuddin, Perwira Penghubung Kodim 0104/Atim (Aceh Timur) Mayor. Inf Sulistiyono (Mewakili Dandim), Ketua Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Timur, Iskandar Gani, PA. Ops Sub Den 2/B Brimob Aramia (Mewakili Danki Brimob), Aiptu M. Thalib, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Timur, Syahrizal Fauzi, Pj. Kabid Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Timur, Ismail, Perwakilan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Aceh Timur, Muhammad Jamin, Para Kabag, Kasat dan Kapolsek.
Rapat yang berlangsung di Aula Wira Satya tersebut di pimpin langsung oleh Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum didampingi Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Timur, Burhanuddin dan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur, Iskandar Gani.
Dalam sambutannya Kapolres menyatakan target pada saat pelaksanaan pelantikan Bupati-Wakil Bupati Aceh Timur adalah berlangsung tertib, lancar dan aman. Untuk itu kita duduk bersama ini guna menyamakan presepsi untuk kelangsungan tersebut sekaligus memahami status dan peran masing-masing pada kegiatan ini.
Sementara itu, terkait kondisi Kamtibmas saat ini Kapolres menyampaikan bahwa kondisi Kamtibmas di wilayah Aceh Timur secara umum cukup aman dan kondusif.
“Hal ini dapat terwujud juga berkat adanya kerjasama Polres Aceh Timur dan jajaran dengan stake holder, instansi terkait dan masyarakat dalam memelihara Kamtibmas,” ujar Kapolres.
Selanjutnya Sekretaris DPRK Aceh Timur, Burhanuddin menyampaikan, pelantikan Bupati-Wakil Bupati Aceh Timur Periode 2017-2022 akan dilaksanakan pada Kamis (13/07) di Lantai II Gedung DPRK yang baru di Kompleks Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur yang dijadwalkan dimulai pada pukul 09.00 WIB.
Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah akan dilakukan oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan untuk menunjang kelancaran kegiatan tersebut, esok hari (Rabu, 12/07) akan dilaksanakan geladi bersih, kata Sekwan.
Ditambahkanya, untuk undangan pihaknya akan menyebar 1.000 undangan yang diperuntukan Muspida, Muspika, Pejabat Instansi Terkait, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Partai dan pasangan Bupati-Wakil Bupati Nomor Urut 1, terang Sekwan DPRK Aceh Timur, Burhanuddin.
Menyikapi hal tersebut, Kapolres Aceh Timur memberi penekanan beberapa hal diantaranya; Mengingat banyaknya undangan yang menjadi prioritas pengamanan adalah, Gubernur, Pasangan Bupati-Wakil Bupati dan lahan parkir kendaraan tamu, kata Kapolres.
Kapolres mengatakan, untuk undangan agar panitia membagi menjadi dua, yakni Undangan A untuk VVIP dan Undangan B untuk VIP yang selanjutnya Dishub dan Sat Lantas agar membagi dua area parkir yang mana lahan parkir undangan A berada di sebelah kanan lokasi kegiatan dan lahan parkir kendaraan B di sebelah kiri, pinta Kapolres.
Kapolres menambahkan, selama pelaksanaan kegiatan, penempatan personel dibagi menjadi 3 (tiga) ring, Ring I (satu) di dalam ruangan, Ring II (dua) di halaman dan sekitar Gedung DPRK dan Ring III (tiga) di luar Gedung DPRK dan masing-masing ring dikendalikan oleh Kepala Satuan Tugas (Kasatgas). Untuk Ring I selaku Kasatgas Kasat Intelkam, Ring II Kasat Reskrim dan Ring III Kasat Sabhara, lanjut Kapolres.
“Kami tekankan kepada panitia penerima tamu harus selektif dan waspada terhadap semua undangan yang hadir” tegas Kapolres.
Dalam rapat koordinasi lintas sektoral tersebut juga dipaparkan rencana pengamanan pelantikan Bupati-Wakil Bupati Aceh Timur oleh Kabag Ops Polres Aceh Timur, Kompol Rusman Sinaga tentang seluruh kekuatan personel. Jumlah seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Aceh Timur sebanyak 430 personel yang terdiri dari, 216 personel (Polres/Polsek), 60 personel TNI (Kodim 0104), 60 personel Brimob Aramia, 30 personel Dishub, 60 personel Sat Pol PP dan 4 personel Damkar. Terang Kabag Ops Polres Aceh Timur, Kompol Rusman Sinaga. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post