Kamis, 24 Agustus 2017

Kapolsek Julok Adakan Bimbingan Dan Penyuluhan Kenakalan Remaja Di SMA Negeri 1 Julok

Tribrata News Aceh Timur-Polres Aceh Timur beserta polsek jajaranya terus melakukan sosialisasi mencegah kenakalan remaja dengan sasaran para pelajar. Seperti yang dilakukan oleh Kapolsek Julok Ipda Eko Hadianto, pada Kamis (24/08) pagi yang melakukan bimbingan dan penyuluhan (Binluh) dengan tema  Kenakalan Remaja Pada Tingkat Pelajar di SMA Negeri 1 Julok.
Di hadapan para siswa-siswi, Ipda Eko Hadianto mengatakan, masa remaja merupakan salah satu fase perubahan yang kritis bagi manusia baik fisik maupun psikis. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi dirinya dalam proses perubahan tersebut. Penyebabnya bisa oleh karena faktor keluarga, lingkungan, pergaulan, media komunikasi, media hiburan, pengaruh globalisasi, serta kurangnya pemahaman tentang peraturan hukum yang berlaku dan faktor lainnya.
“Pergaulan anak baru gede ini dengan perkembangan teknologi informatika yang mudah didapatkan melalui handphone maupun warnet sehingga hal-hal yang positif bisa didapatkan dengan cepat, juga hal-hal yang negatif semakin banyak didapat dari perkembangan tehnologi.” ujarnya.
Lebih lanjut dikatakannya, melalui binluh ini diharapkan para siswa-siswi dapat menanamkan sikap disiplin dan kejujuran agar generasi muda dapat benar-benar memahami aturan dari norma-norma yang berlaku.
Ia juga juga meminta kepada pihak sekolah agar melakukan pengawasan dan memberi bimbingan serta arahan-arahan yang positif kepada para anak didik agar tidak terjerumus kepada narkotika dan melakukan hal-hal yang negatif.
Kami juga membuat komitmen bersama dengan slogan “Katakan Tidak Pada Narkotika’ dengan sunguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.” Tegas Kapolsek.
"Kenakalan remaja dapat berakibat buruk kepada perlakuan kriminal dan berbagai tindak pidana lainnya atau perbuatan melanggar hukum. Maka itu pembinaan ke sekolah dan sosialisasi penting untuk upaya mencegah kenakalan remaja." Terangnya.
Kapolsek juga menyinggung tentang narkotika, yang mana penyalahgunaan narkotika di wilayah hukum Polres Aceh Timur akhir-akhir ini cenderung meningkat. Karena itu, sudah sewajarnya terutama pelajar juga rentan terhadap pengaruh barang terlarang itu.
Kapolsek berharap para pelajar utamanya siswa-siswi SMA Negeri 1 Julok dapat terbebas dari pengaruh penyalahgunaan narkotika.
“Jadikan ilmu yang didapat sebagai pedoman dan pegangan dalam rangka menghindar dari penyalahgunaan narkotika.Terang Kapolsek.
Ia juga mengajak semua pihak untuk memberi pengertian tentang bahaya penyalahgunaan narkotika dengan tekun dan sabar melalui komunikasi dan sosialisasi yang efektif sejak dini. Selanjutnya Kapolsek memberikan pengertian narkotika baik golongan dan jenisnya beserta sanksi pidananya bagi pelaku penyalahguna narkotika.
Mengakhiri paparanya, Kapolsek menyampaikan amanat dari Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum yang menekankan kepada seluruh polsek jajarannya untuk menjadikan program pembinaan pelajar ke sekolah sebagai kegiatan rutin. Tujuannya agar para pelajar selalu ingat dan bisa menjaga diri serta dapat menjauhi hal-hal yang bisa menjebak pelajar dengan berbagai perbuatan melanggar hukum.
Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Julok, Azhari meyambut baik sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Julok yang telah bersedia mengadakan pembinaan dan penyuluhan kepada anak didiknya. “Dengan binluh ini kami berharap untuk bisa meningkatkan pengetahuan anak didik kami terhadap bahaya narkotika juga kenakalan remaja.” Ujarnya. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar