Jumat, 27 Oktober 2017

Kapolres Aceh Timur: Sebagai Wartawan Pedomani UU Pers Dan Kode Etik Jurnalis

Tribrata News Aceh Timur-Sebagai wartawan memang memiliki kebebasan dalam pemberitaan akan tetapi etika dalam penulisan juga harus dikedepankan untuk memperoleh nilia plus dari berita yang ditayangkan. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum saat memberi sambutan dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Timur bekerjasama dengan PT. Medco E&P Malaka, Jum’at (27/10).
Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya; Sekda Kabupaten Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat, S. STP, MAP, Kapolres Aceh Timur; AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum; Asisten III, Safrizal; Kasi Intel Kejaksaan Negeri Idi, Khairul Hisyam; Danramil 08/Idi Rayeuk, Kapten. Inf Suharno; Deputi GM Blok A Asset PT. Medco E&P Malaka, Susanto dan Humas PT. Medco E&P Malaka, Arin.

Lebih lanjut Kapolres menegaskan, selain Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, wartawan juga diikat dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)  juga Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, untuk itu kami tegaskan kepada rekan-rekan media memahami status dan peranya sebagai jurnalis.
Kepada perusahaan dalam hal ini PT. Medco E&P Malaka kami berharap dalam menjalin sinergitas dengan rekan-rekan media jangan berhenti di sini kami berharap ada tindak lanjut ke depanya. Pinta Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum.
Sementara itu Sekda Aceh Timur, Ihsan Ahyat, S. STP, MAP yangmembuka kegiatan tersebut, berharap wartawan Aceh Timur bisa go internasional dengan memberitakan Aceh Timur dalam segi positif.
“Sejalan dengan arahan Bapak Kapolres, dalam pemberitaannya rekan-rekan wartawan kami harapkan ikut membangun image Aceh Timur sehingga bisa mengundang investor yang pada akhirnya ikut membantu perekonomian masyarakat Aceh Timur, ujar Sekda Aceh Timur.
Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan di The Royal Hotel Idi menurut Ketua PWI Aceh Timur, Musyawir akan berlangsung selama 2 (dua) hari Jum’at (27/10) sampai dengan Sabtu (28/10) yang diikuti tidak kurang dari 50 peserta dari PWI Aceh Timur, Humas Polres Aceh Timur, Kumpulan Wartawan Aceh Timur (KUWAT), Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Aceh Timur, Aliansi Jurnalis Independen Indonesia (AJI) Aceh Timur, LSM serta Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda di Aceh Timur. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar