Jumat, 19 Januari 2018

Muspika Ranto Peureulak Mediasi Perselisihan Warga Dengan Perkebunan PT. Karang Inong

Tribrata News Aceh Timur-Muspika Ranto Peureulak melakukan mediasi perselisihan tentang hewan  ternak  antara PTP. Karang Inong dengan masyarakat Gampong Kliet.
Mediasi yang berlangsung di Polsek Ranto Peureulak ini dihadiri oleh; Iptu Aiyub, SE (Kapolsek Ranto Peureulak), Lettu Meswanto (Danramil 21/Rtp, Ranto Peureulak), Saiful, S.Km (Camat Ranto Peureulak), Iptu Budiman Bin Ali Uhap(Papam PTP. Karang Inong), Brigadir Safwardinur (Kanit Reskrim Polsek Ranto Peureulak), Briptu Yongki Arisandi (Bhabinkamtibmas Poslek Ranto Peureulak), Iqbal Sentosa (Asisten Afdelling 1 PTP. Karang Inong), Ulfia Yakop (Geuchik Gampong Kliet) dan beberapa orang warga Gampong Kliet.
Kapolsek Ranto Peureulak, Iptu Aiyub mengatakan  PTP. Karang Inong menyatakan bahwa di lahan perkebunannya telah dirusak hewan ternak milik warga sehingga menimbulkan kerugian bagi perusahaan.
Untuk itu pihak PTP Karang Inong meminta agar masyarakat bisa mengeluarkan hewan ternak dari lahan perkebunan milik perusahaan secara berangsur-angsur (bertahap) sehingga tidak ada  lagi hewan ternak yang berkeliaran dilahan perkebunan guna menghindari kerugian perusahaan.
Sedangkan warga mengatakan pihak perusahaan membiarkan area perkebunanya terbuka tanpa pagar sehingga hewan ternak bisa leluasa masuk ke dalam kebun. Ungkap Kapolsek.
Ditambahkanya, guna menghindari konflik di tengah masyarakat, maka kami (Muspika Ranto Peureulak) memanggil kedua belah pihak untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Kami dari muspika akan memantau serta mengawasi perkembangan proses pengeluaran hewan ternak warga dari lahan perkebunan hingga selesai agar tidak terjadi konflik dikemudian hari.
Selain itu dalam kesempatan tersebut kami juga menyampaikan kepada warga pemahaman hukum dengan mengacu pada Qanun Aceh Timur dengan tujuan agar warga paham bagaimana sanksi yang diterima jika hewan ternaknya merusak tanaman orang lain maupun berkeliaran di jalan raya. Terang Kapolsek Ranto Peureulak, Iptu Aiyub, S.E. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar