Sabtu, 03 Februari 2018

Kapolres Aceh Timur Ajak Warga Julok Jaga Stabilitas Kemananan

Tribrata News Aceh Timur-Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum, pada Sabtu (03/02/2018) pagi kembali melakukan kegiatan “Gowes Kamtibmas” di wilayah Julok.
Gowes dimulai pada pukul 08.00 WIB, dengan jarak tempuh lebih kurang 16 kilometer yang mengambil star dari Polsek Julok melintasi Desa Buket Seroja, kemudian masuk di area perkebunan PT. Blangkara tembus Desa Blang Jambe, Blang Pauh Sa, Mane Rampak, Buket Dindeng, Julok Tunong dan finish di Polsek Julok sekira pukul 10.00 WIB.
Usai gowes Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum didampingi Wakapolres, Kompol Apriadi, S. Sos, M.M, Kapolsek Julok, Ipda Eko Hadianto, S.E, M.M dan Camat Julok, Zainuddin, S.E melakukan tatap muka bersama perangkat gampong, para tokoh dan warga Julok.
Dalam pembukaanya, Camat Julok mengatakan, kegiatan gowes kamtibmas yang dilakukan oleh Bapak Kapolres Aceh Timur sudah sangat viral di media sosial dan Alhamdulillah, hari ini Bapak Kapolres Aceh Timur berasama rombonganya melakukan gowes di wilayah kita (Julok).
Selain gowes, kami berharap kepada Bapak Kapolres Aceh Timur agar sekiranya memberikan pandangan hukum yang berkaitan kamtibmas, mengingat saat ini Julok mendapat cap merah dalam hal kamtibmas, dengan harapan setelah kehadiran Bapak Kapolres Aceh Timur di tengah-tengah kita, ke depan Julok dalam kondisi aman sentosa, ujar Camat Julok, Zainuddin, S.E.
Selanjutnya Kapolres Aceh Timur mengawali sambutanya menyampaikan, kita sebagai warga negara dalam berkehidupan di tengah masyarakat diatur dengan undang-undang yang membatasi hubungan antara warga yang satu dengan warga yang lain.
Saya ibaratkan seperti ini, seoarang bapak selaku kepala keluarga pasti menerapkan peraturan di dalam rumahnya dan apabila dilanggar oleh anggota keluarganya tentu akan marah dan menerapkan sanski, begitu halnya pemerintah, untuk itu kami mengajak warga seluruh elemen masyarakat Julok untuk menghindari segala tindakan yang berpotensi melanggar hukum, sekaligus mari bersama-sama kita jaga kamtibmas di wilayah kita masing-masing agar selalu dalam kondisi aman dan kondusif.
Kapolres juga menyinggung masalah alokasi dana gampong (ADG) yang mana kapolres menyatakan, Polri dalam hal ini diwakili oleh Kapolri telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa Tertinggal dalam hal pengawasan Alokasi Dana Gampong (ADG).
Dikatakannya, hal ini merupakan suatu kehormatan sekaligus kepercayaan dari pemerintah untuk meminta Polri berpartisipasi memberikan asistensi pengawasan. Upaya tersebut nantinya akan digerakkan oleh Bhabinkamtibmas yang berada di level desa.
"Pendekatan utama bagi Kapolsek dan Bhabinkamtibmas dalam pengawasan ini adalah pencegahan terjadinya penyalahgunaan ADG. Tujuan dari nota kesepahaman tersebut adalah untuk terwujudnya pengelolaan ADG yang efektif, efesien juga akuntabel melalui kerja sama yang sinergis di antara para pihak di bidang pencegahan dan pengawasan permasalahan ADG. 
Ruang lingkup nota kesepahaman ini yaitu pembinaan dan penguatan kapasitas aparatur pemerintah daerah, desa juga masyarakat dalam pengelolaan ADG. Lalu, pemantapan dan sosialisasi regulasi terkait pengelolaan dana desa. Ketiga penguatan, pengawasan, pengelolaan ADG. Terangnya.
Di penghujung kegiatan tatap muka, Kapolres Aceh Timur juga menyinggung penyalahgunaan narkotika, untuk itu kapolres meminta seluruh komponen masyrakat Julok untuk bersama-sama dengan Keploisian menekan angka tindak pidana penyalahgunaan narkotika.
“Ada dua unsur dalam tindak pidana narkotika, yaitu pemakai dan pengedar. Pengedar juga ada beberapa kategori yaitu: Bandar, kurir dan pengecer, terang Kapolres.
Ditegaskanya, untuk pengedar itu tanggung jawab kami selaku penegak hukum sedangkan pemakai itu menjadi tanggung jawab masyarakat. Oleh karena itu awasi dengan seksama anak-anaknya jangan sampai terlibat dalam penyalahgunaan narkotika, tegas Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar