Minggu, 25 Februari 2018

Kapolsek Madat Pimpin Patroli Daerah Terluar


Tribrata News Aceh Timur-Kapolsek Madat, Ipda Hendra Sukmana, S.H bersama sejumlah anggotanya, pada Minggu (25/02/2018) melakukan patroli terhadap pulau terluar yang terdapat di wilayah hukum Polsek Madat yaitu Krung Tho, Desa Meunasah Asan.
Giat patroli dimulai pada pukul 09.30 WIB diawali dengan menyampaikan atensi dan arahan pimpinan (AAP) oleh Kapolsek Madat yang selanjutnya dilakukan perjalanan darat menuju Desa Meunasah Asan.
Setibanya di Gampong Meunasah Asan, Ipda Hendra Sukmana beserta rombongan bertemu dengan Tuha Peut, Abdullah, Ketua Pemuda, Nurdin dan Panglima Laut, Muhammad.
Patroli diawali dengan penyisiran di sepanjang jalur yang merupakan jalur pintu masuk dengan Selat Malaka. Selanjutnya bergerak wilayah perairan Krung Tho, selanjutnya dilakukan perjalanan ke Krung Tho dengan menggunakan kapal (boat) milik Nurdin (Ketua Pemuda Gampong Meunasah Asan).
Selain menyisir sepanjang garis pantai, sasaran patroli juga kapal-kapal nelayan yang ditemukan mencari ikan di sekitar pulau tak berpenghuni ini. Petugas mmeriksa sejumlah kapal, dan memeriksa barang-barang bawaan mereka.
Kapolsek Madat, mengatakan patroli ini  untuk mengantisipasi penggunaan bahan-bahan berbahaya saat melakukan penangkapan ikan. Bahkan tak menutup kemungkinan dijadikan jalur penyelundupan barang-barang illegal terutama narkotika dari luar negeri, Terangnya.
Krung Tho sendiri, merupakan pulau dengan luas sekitar kurang lebih 700 hektar, namun tidak berpenghuni akan tetapi oleh sebagian warga Desa Meunasah Asan dimanfaatkan untuk memelihara ternak, bercocok tanam dengan menanam tanaman sayuran dan buah-buahan.
Hasil patroli tidak ditemukannya adanya kegiatan illegal fishing maupun penyelundupan barang illegal, meski demikian, di kawasan Krung Tho banyak tumpukan sampah yang dapat menimbulkan kerusakan ekosistem laut.
Melihat pemandangan yang demikian Kapolsek Madat mengerahkan seluruh anggotanya yang ikut patroli beserta warga Desa Meunasah Asan untuk bergotong royong membersihkan sampah.
Pihaknya juga menyampaikan pesan kepada warga Meunasah Asan yang melakukan aktifitas di Krung Tho untuk tidak merusak lingkungan dan membuang samapah di pulau dengan mengkampanyekan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Terang Kapolsek Madat, Ipda Hendra Sukmana, S.H. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar