Jumat, 16 Februari 2018

Kapolsek Simpang Jernih Patroli Terpadu Antisipasi Karhutla


Tribrata News Polres Aceh Timur-Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Simpang Jernih terus dilakukan oleh Iptu Syamsuddin S.H selaku Kapolsek Simpang Jernih. Salahsatunya dengan mendatangi langsung warga yang melakukan pembersihan ladang. Seperti yang dilakukan oleh Iptu Syamsuddin bersama anggotanya, pada Jum’at (16/02/2018) siang saat melakukan patroli wilayah di Desa Rantau Panjang Bidari.
Saat  melintas, Iptu Syamsuddin menyaksikan terdapat lahan habis dibakar, hal ini nampak dari kepulan asap yang masih keluar. Untuk mengantisipasi api kembali membesar dan merembet ke kawasan hutan, Iptu Syamsuddin mengajak warga dengan bersama-sama untuk memadamkan api.
“Kebiasaan petani di sini, setiap melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar. Untuk itu kami himbau agar kebiasaan tersebut dihentikan. Hal ini mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan. Mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau. Panas yang cukup terik dan angin yang sangat besar, kami mengkhawatirkan dari kepulan asap bisa mengakibtakan kebakaran hutan, ujar Iptu Syamsuddin.
Begitu api berhasil dipadamkan, Iptu Syamsuddin memberikan pemahaman kepada warga Desa Rantau Panjang Bidari terkait bahaya dan dampak dari karhutla juga sanksi pidana bagi pelaku karhutla.
Setelah panjang lebar memperoleh penjelasan dari Iptu Syamsuddin,  warga menyatakan bahwasa apa yang disampaikan oleh Kapolsek Simpang Jernih tersebut sangat bermanfaat sekaligus menambah pengetahuan warga. Mengingat masih ada beberapa warga yang saat membersihkan lahanya dengan cara membakar. Hal ini sangat membahayakan terhadap ekosistem juga lingkungan, ujar warga. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar