TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Polwan Polres Aceh Timur Unjuk Kebolehan Dalam Memeriahkan HUT Polwan Ke 70 Di Mapolda Aceh


Tribrata News Aceh Timur-Polisi Wanita (Polwan) Polres Aceh Timur ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Polwan Ke 70 yang digelar di halaman Mapolda Aceh, Senin (03/09/2018) pagi.
Tim Kesenian Polwan Polres Aceh Timur di bawah asuhan Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H menampilkan Tari Rampo merupakan penterjemahan umat Islam khususnya masyarakat Aceh dalam berkehidupan yang mengedepankan kekompakan.
Sebelumnya, Upacara HUT Polwan Ke 70 dipimpin oleh Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Rio Septianda Djambak dan dihadiri Wakapolda, Para Pejabat Utama, Ketua PD Bhayangkari Aceh dan pengurusnya, para Pamen, Pama, Bintara, PNS Polda Aceh dan sejumlah Kepala Sekolah di Banda Aceh.
Kapolda dalam upacara itu membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph. D diantaranya mengatakan, selaku pimpinan Polri, saya mengucapkan “Dirgahayu Polisi Wanita Ke 70” kepada seluruh Polisi Wanita di mana pun mengabdi.
Peranan Polisi Wanita dalam berbagai capaian kinerja serta prestasinya selama ini selama ini, merupakan manifestasi dari pelayanan Polri kepada masyarakat.
Semoga ke depan, Polisi Wanita dapat terus berkarya dan meningkatkan eksistensinya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, kata Kapolri.
Secara universal, kehadiran wanita dalam peran sebagai penegak hukum telah berjalan lama di banyak negara. Bahkan sejak 1915, telah dibentuk International association of women police (IAWP) sebagai wadah organisasi internasional guna memberikan pengembangan profesionalitas, monitoring, pelatihan, serta pengakuan bagi petugas penegak hukum wanita, kata Kapolri.
Dikatakan Kapolri, di Indonesia, Polisi Wanita mulai dikenal sejak 1 September 1948, ketika 6 orang wanita tangguh dari Bukit Tinggi, Sumatera Barat mengikuti pendidikan Inspektur Polisi, guna memenuhi kebutuhan tugas-tugas Kepolisian kala itu.
Hingga saat ini Polilsi Wanita Indonesia telah mencapai jumlah 24.029 orang atau 5,7 % dari jumlah anggota Polri secara keseluruhan, dengan tingkat kepangkatan yang bervariasi mulai dari Brigadir Polri (79.72 %), Pama Polri (12,18 %), Pamen Polri. (8,08 %) dan Pati Polri (0.02 %).
Para Polwan ini telah dipercaya untuk menduduki berbagai jabatan strategis seperti Wakapolda Kalbar ( Brigjen Pol. Dra. Sri Handayani), maupun jabatan lainnya di tingkat Polda, kata Kapolri.
Polri juga mempercayakan para Polwan untuk menduduki jabatan operasional seperti Kapolres, Wakapolres, Kapolsek serta Kasat di tingkat Polres, kata Kapolri.
Polwan juga berkiprah dalam memecahkan rekor dunia pada pendakian Puncak Gunung Cartenzs di bulan September 2017, serta memecahkan rekor dunia pembentangan Bendera Merah Putih terpanjang di bawah laut bersama Wanita Selam Indonesa (WASI) yang diinisiasi oleh Ibu Asuh Polwan Indonesia, kata Kapolri.
Di usia yang ke 70 ini, konsistensi dan komitmen Polisi Wanita untuk terus berprestasi diharapkan dapat terus meningkat. Untuk menghadapi tantangan tugas Polri yang semakin kompleks, termasuk peran sertanya untuk turut mensukseskan pengamanan agenda kamtibmas, kata Kapolri.
Selaras dengan hal tersebut, peringatan hut Polwan tahun 2018 ini mengangkat tema “Polwan promoter siap menyukseskan agenda kamtibmas tahun 2018 dan 2019”.
Tema ini penting untuk diangkat mengingat keberadaan Polisi Wanita yang sangat diperlukan dalam rangka mendukung tugas-tugas Polri di tengah peningkatan eskalasi politik yang terjadi, kata Kapolri.
Lebih dari itu kehadiran Polisi Wanita juga diharapkan dapat turut mengangkat citra Polisi di masyarakat, sebagaimana karakter wanita yang penuh dengan kelembutan, ketegasan dan kedamaian. Saya meyakini bahwa Polisi Wanita Indonesia bisa menjadi bagian penting dalam mewujudkan Polri yang semakin Profesional, modern dan terpercaya.
Oleh sebab itu, saya juga berharap kepada Polisi Wanita untuk senantiasa mengasah diri dan meningkatkan motivisai serta keterampilannya. Saudari adalah srikandi-srikandi terbaik yang akan terus menerus memberikan pelayanan kepada bangsa ini, kata Kapolda Aceh Aceh Irjen Pol. Drs. Rio Septianda Djambak mengakhiri sambutanya. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post