Kamis, 22 November 2018

Kapolres Aceh Timur Sampaikan Materi Empat Pilar Wawasan Kebangsaan


Tribrata News Aceh Timur-Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M. H, pada Kamis (22/11/2018) pagi menjadi pemateri Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diadakan oleh Kesbangpol Kabupaten Aceh Timur.
Kegiatan yang berlangsung di Aula Pendopo Bupati Aceh Timur ini dihadiri oleh;  Bupati Aceh Timur yang wakili Asisten I Setdakab Aceh Timur Drs. Zhari, M.A.P,  Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H, Dandim 0104/Atim diwakili oleh Pasi Intel Kodim 0104/Atim Lettu Chb Rofingi Akhir Saputro, Kakesbangpol Aceh Timur Adlinsyah,S. Sos, M.A.P, Kabag Hukum Kabupaten Aceh Timur Abdu Muthaleb, S.H, Wakil Ketua MPU Aceh Timur Tgk. Azharuddin, BTM, Dekan Fakultas Hukum Universitas Samudera Langsa dr. Fuadi, S.H, M.H, para Tokoh Agama/Tokoh Masyarakat/Tokoh Adat dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur dan perwakilan mahasiswa serta siswa/santri.
Dalam penyampaianya Kapolres mengatakan, setiap orang harus paham status dan peranya masing-masing, baik dalam kehidupan rumah tangga maupun dalam kehidupan sosial masyarkat.
Seperti, dalam kehidupan kita dalam bermasyarakat kita butuh wadah, contoh kecil dalam kehidupan sehari-hari mempunyai peran masing-masing.
Sehingga, apabila kita salah dalam memaknai status dan peran, maka yang timbul adalah konflik dan itu berkaitan dengan permasalahan hukum. Ujar Kapolres.
Empat pilar kebangsaan, lanjut Kapolres, terdiri dari; Pancasila; UUD 1945; Negara dan Bhineka Tunggal Ika. Dari empat unsur tersebut timbulah undang-undang yang mengatur kita dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Ungkap Kapolres.
Ditambahkanya, kita harus menjaga kearifan lokal jangan sampai tergerus oleh budaya luar yang masuk dan kita harus bangga terhadap budaya kita sendiri maka dari itu budaya yang sudah ada mari kita jaga dan jadikan budaya lokal sebagai potensi.
Pancasila adalah pondasi, UUD 1945 adalah dinding, NKRI adalah atap dan Bhineka Tunggal Ika adalah penghuni maka dari itu adanya empat pilar tersebut mempunyai keterkaitan yang kuat dan perlu dijaga agar terciptanya kehidupan yang damai dan aman.
“Pancasila adalah pemersatu bangsa dan Pancasila isinya sudah final," Tegas Kapolres Aceh Timur.
Kami berharap melalui sosialisasi ini bisa lebih memberikan pemahaman dan wawasan tentang kebangsaan serta dapat mendukung terwujudnya pemahaman yang utuh dan lengkap mengenai nilai-nilai luhur bangsa.” Terang Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H. (Iwan Gunawan). 

0 komentar:

Posting Komentar