Minggu, 18 November 2018

Polres Aceh Timur Dirikan Posko Penanggulangan Bencana Di Pantee Bidari


Tribrata News Aceh Timur-Mengantisipasi dan menanggulangi dampak luapan air sungai Arakundo yang beberapa hari terakhir ini menggenangi beberapa dusun di Gampong Blang Seunong dan Pante Labu, Kecamatan Pantee Bidari, Polres Aceh Timur membentuk tim tanggap bencana sekaligus mendirikan Posko Penanggulangan Bencana plus personel dan peralatan baik medis maupun SAR.
Kapolres Aceh Timr AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H saat mengunjungi lokasi banjir di Dusun Peulalu, Gampong Blang Seunong dan Dusun Pateng Gampong Pante Labu, Minggu (18/11/2018) mengatakan, kami mendirikan Posko Penanggulangan Bencana ini sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi banjir kiriman dari wilayah Bener Meriah yang mana kami sebelumnya telah memetakan kontijensi bencana, salahsatunya banjir di wilayah hukum Polres Aceh Timur. Ungkap AKBP Wahyu Kuncoro.
Ia menyatakan, dalam siaga darurat banjir kami mengimbau masyarakat, terutama yang tinggal di bantaran sungai dan daerah-daerah rawan banjir agar selalu siap siaga, terutama jika terjadi anomali atau ketidakwajaran cuaca, seperti intensitas hujan sangat tinggi dan frekuensi lama untuk bisa menghidari atau mengevakuasi diri.
"Dengan evakuasi yang dilakukan secara mandiri oleh masyarakat ini, dapat mengurangi kejadian bencana yang tidak kita kehendaki." Ungkapk Kapolres Aceh Timur.
Dijelaskanya, dengan keberadaan Posko Siaga, harapan kami bisa membantu masyarakat diantaranya sebagai upaya evakuasi, lanjut Kapolres.
"Posko Penanggulangan Bencana ini beranggotakan sejumlah personel gabungan diantaranya dari Satuan Sabhara Polres Aceh Timur, Urkes Polres Aceh Timur, Polsek dan Puskesmas Matang Pudeng ." Jelasnya.
Usai meninjau lokasi banjir di Gampong Blang Seunong, Kapolres Aceh Timur beserta rombongan menuju Dusun Pateng, Gampong Pantee Labu. Di sini Kapolres memerintahkan untuk didirikan Posko Penanggulangan Bencana sekaligus dijadikan posko pengobatan bagi warga, khusunya korban banjir. Selanjutnya Tim Dokpol Polres Aceh Timur yang dibantu oleh tenaga medis dari Puskesmas Matang Pudeng melaksanakan kegiatan pengobatan massal bagi warga yang menjadi korban banjir di dusun tersebut.
Selanjutnya, Kapolres Aceh Timur yang saat itu didamping Wakapolres Kompol Warosidi, S.H, M.H, Kabag Ops Kompol Raja Gunawan, S.H, M.M, Kasat Sabhara AKP Ahmad Yani, Kapolsek Pantee Bidari Ipda Iskandar Wijaya, Camat Pentee Bidari Nasir S.P sejumlah pejabat utama polres yang lain dan Ketua/pengurus Ranting Bhayangkari Pantee Bidari melakukan kegiatan gotong royong dengan membersihkan lingkungan SMP Negeri 5 Pantee Bidari.
Dalam kesempatan teresebut Kapolres Aceh Timur juga menyerahkan bantuan tanggap darurat berupa sembako kepada warga yang terkena banjir. (Iwan Gunawan).


0 komentar:

Posting Komentar