Jumat, 14 Desember 2018

Kasat Polair Polres Aceh Timur Laksanakan Pembinaan Ketertiban Nelayan Peureulak


Tribrata News Aceh Timur-Kepala Satuan Polisi Perairan (Kasatpolair) Polres Aceh Timur, Iptu Pidinal Limbong melaksanakan kegiatan Bintibmas (Pembinaan Ketertiban Masyarakat) kepada masyarakat nelayan Peureulak dan berlangsung di Aula Kantor Camat Peureulak, Jum’at (14/12/2018).
Kegiatan tersebut juga dihadiri Kapolsek Peureulak AKP Muhammad Nawawi, S.H, Camat Peureulak, Nasril, S.E, Sekcam Peureulak, Mulidar, Anggota Koramil Peureulak, Sertu Zaenal dan Perwakilan Panglima Laot Peureulak, Abu Bakar juga diikuti perwakilan nelayan dari Gampong Seumatang Muda Itam, Gampong Bangka Rimueng, Dampong Sineubok Aceh, Gampong Leuge dan Gampong Kuala Bugak.
Pembinaan tersebut dengan sasaran para masyarakat nelayan terkait dengan penggunaan alat tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan.
“Kami telah melakukan sosialisasi kepada para nelayan di perairan Peureulak agar mereka tak menggunakan alat tangkap trawl. Sebab, selain akan mempengaruhi hasil tangkap para nelayan kecil, penggunaan trawl ini akan mengakibatkan kerusakan ekosistem biota (kehidupan) laut,” terang Iptu Pidinal Limbong.
Lebih lanjut dijelaskannya, selain sosialisasi secara langsung, pihaknya juga akan melakukan tindakan preventif berupa patroli rutin. Dengan demikian, diharapkan pelanggaran yang dilakukan para nelayan dapat berkurang.
“Dalam waktu dekat ini kami juga akan berkoordinasi dengan TNI AL untuk melakukan patroli,” imbuhnya.
Ditambahkannya, dalam patroli ini, pihaknya tentu tak akan pandang buluh kepada para nelayan yang masih menggunakan trawl, baik itu nelayan kecil maupun nelayan besar.
“Kapada nelayan yang masih melanggar, kita akan memberikan tindakan tegas berupa langkah hukum. Siapun yang masih menggunakan trawl, akan kita amankan. Selain sebagai efek jera, hal ini dilakukan sebagai bentuk pertanggung jawaban atas apa yang telah dilakukan. Jika terbukti melanggar, mereka dapat dikenai hukuman dengan kurungan diatas 5 tahun penjara,” tegas Kasatpolair Polres Aceh Timur, Iptu Pidinal Limbong. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar