Kamis, 06 Desember 2018

Kumpulkan Bhabinkamtibmas, Kapolres Aceh Timur Perintahkan Untuk Mengawasi Penggunaan ADG


Tribrata News Aceh Timur-Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H memerintahkan kepada seluruh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk wajib mengetahui, mengawal serta melakukan pengawasan terhadap penggunaan Alokasi Dana Gampong (ADG). Hal tersebut disampaikan Kapolres Aceh Timur yang saat itu didampingi Kasat Lantas Iptu Ritian Handayani, S.I.K, KBO Lantas Iptu Aiyub, S.E, KBO Binmas Ipda Sukemi kepada Bhabinkamtibmas di Mesjid Babuttaqwa, Kamis (06/2018).
Kapolres mengatakan, “Sudah ada MoU antara Polri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) serta Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tentang pengawasan penggunaan dana desa. Regulasinya sudah jelas dan harus sesegera mungkin menindaklanjuti perintah ini.”
Dijelaskanya, adapun ruang lingkup nota kesepahaman tersebut yaitu pemantapan dan sosialisasi regulasi terkait pengelolaan, penguatan pengawasan dan fasilitasi bantuan pengamanan dan fasilitasi penanganan masalah serta penegakan hukum terhadap pengelolaan ADG.
Selain itu, MoU juga mencakup pertukaran data dan informasi dana desa serta pembinaan dan penguatan kapasitas aparatur Pemerintah Daerah, Desa, dan Masyarakat dalam pengelolaan ADG.
“Untuk itu, diperintahkan kepada Bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisasi serta pendampingan mengenai pengelolaan ADG yang bersih dan transparan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran warga masyarakat.” tegas Kapolres.
Selain  diminta untuk mengawasi penggunaan ADG, Kapolres Aceh Timur juga memerintahkan kepada Bhabinkamtibmas untuk proaktif ke sekolah-sekolah guna memberikan pemahaman kesadaran berlalulintas kepada pelajar.
Menurutnya, rendahnya kesadaran dan pengetahuan pelajar tentang peraturan serta etika berlalu lintas, merupakan faktor utama yang menunjang terjadinya kecelakaan lalu lintas melibatkan pelajar.
“Kami minta rekan-rekan aktif ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan peraturan dan etika berlalu lintas kepada pelajar. Dengan seringnya kita memberi pemahaman kepada pelajar, angka kecelakaan yang melibatkan pelajar pasti bisa ditekan.” Terang Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar