Minggu, 16 Desember 2018

Saweu Keude Kopi, Upaya Efektif Bhabinkamtibmas Polsek Peureulak Untuk Lebih Dekat Dengan Warga


Tribrata News Aceh Timur-Bhabinkamtibmas merupakan anggota Polri yang ditugaskan sebagai pengemban Polmas di desa. Kehadiran Bhabinkamtibmas sendiri di desa bertujuan untuk memberikan pembinaan, deteksi dini serta sebagai mediator apabila di tengah masyarakat terjadi konflik.
Seperti hlanya uyang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Peureulak Bripka Ari Wibowo bersama Bripka Fahrul Razi. Dalam menjalankan tugasnya keduanya selalu mengedepankan pendekatan kepada masyarakat melalui sambang yang rutin dilakukannya. Sambang desa dengan mengunjungi satu rumah ke rumah warga desa lainnya (door to door) atau duduk bersama dengan warga diwarung kopi menjadikan Bripka Ari Wibowo bersama Bripka Fahrul Razi sangat dikenal baik oleh masyarakat.
Seperti yang dilakukanya pada Minggu (16/12/2018) dua Bhabinkamtibmas Polsek Peuereulak melaksanakan sambang desa dengan mengajak warga untuk sekedar minum kopi di sebuah warung. Kesempatan tersebut dimanfaatkan keduanya untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan juga pembinaan kepada masyarakat mengenai pentingnya kebersamaan untuk mewujudkan kamtibmas.
Selain itu, dalam kesempatan sambang tersebut Bripka Ari Wibowo bersama Bripka Fahrul Razi tidak lupa menyampaiakn himbauan kepada masyarakat perihal pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada bulan April  mendatang, dengan langkah preventif diharapakan mampu meminimalisir terjadinya konflik yang timbul di masyarakat nantinya ketika menjelan dan sesudah pelaksanaan agenda lima tahunan tersebut.
Kapolsek Peureulak AKP Muhammad Nawawi, S.H mengatakan, dengan kehadiran Bhabinkamtibmas kami di desa-desa binaan, membuat warga masyarakat menjadi lebih sadar hukum dan mengerti bagaimana cara menangani suatu masalah yang terjadi di tengah masyarakat dengan di dasarkan hukum sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan masalah/konflik dapat ditangani dengan cara musyawarah kekeluargaan. Terangnya. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar