Sabtu, 15 Desember 2018

Tim Kesenian Polres Aceh Timur Mengawali Pembukaan Peringatan Hari Aksara Internasional Ke-53 Tahun 2018


Tribrata News Aceh Timur-Tim Kesenian Polres Aceh Timur mengawali rankaian kegiatan Pembukaan Peringatan Hari Aksara Internasional Ke-53 Tahun 2018 Se-Kabupaten/Kota Provinsi Aceh, yang dipusatkan di Lapangan Upacara Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (15/12/2018).
Tim Kesenian Polres Aceh Timur di bawah asuhan Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H menampilkan Tari Meusaree-Saree.
Disebut Meusaree-saree karena dalam bahasa Aceh yang artinya bersama-sama atau bergotong royong. Meusareee-saree merupakan dua gabungan tari yaitu Tari Top padee dan Tarek Pukat.
Gabungan dua tarian ini dikarenakan kesamaan makna yang mana dalam tarian ini menceritakan tentang kebersamaan atau bergotong royong dalam pekerjaan bertani dan bernelayan. 
Bentuk dalam Tari Meusaree-saree ada dua yaitu bentuk tidak terlihat dan bentuk luar. Bentuk tidak terlihat bisa dilihat dari tiga tahapan penyajiannya yaitu tahapan awal yang menceritakan tentang Tanom Padee, tahapan isi menceritakan tentang Top Padee dan tahapan penutup menceritakan tentang tarek pukat. Sedangangkan bentuk luar dapat dilihat dari gerak tari, busana, properti, iringan musik, pola lantai dan tempat pertunjukkan.
Dengan adanya tarian Meusaree-saree ini masyarakat lebih mengenal tentang gotong royong. (Iwan Gunawan).


0 komentar:

Posting Komentar