Rabu, 30 Januari 2019

Ngobrol Kamtibmas, Kapolres Aceh Timur Ajak Caleg Asal Dapil Empat Sukseskan Pemilu 2019


Tribrata News Aceh Timur-Kepala Kepolisian Resor Aceh Timir AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H kembali melaksanakan kegiatan “Ngobrol Kamtibmas (Ngobras)” bersama sejumlah Calon Legislatif (Caleg) asal Daerah Pemilihan (Dapil) Empat yang meliputi wilayah Kecamatan Madat, Kecamatan Pantee Bidari dan Kecamatan Simpang Ulim, Rabu (30/01/2019).
Selain diikuti para caleg, acara yang digelar di Coffee Koeta Radja, Gampong Matang Kruet, Kecamatan Pantee Bidari juga dihadiri Ketua KPU Aceh Timur Zainal Abidin, S.E, Komisioner Panwaslu Kabupten Aceh Timur, Kapolsek Madat Iptu Syafrizal,S.H, Kapolsek Pantee Bidari Ipda Iskandar Wijaya, Kapolsek Simpang Ulim AKP Dasril, S.E, Danramil Pantee Bidari Kapten Inf. Wagimin, Camat Pantee Bidari M. Nasir, S.P, Camat Madat Mukhtaruddin, S.E, Camat Simpang Ulim Yusaimin, S.E dan sejumlah undangan yang lain.
Mengawali kegiatan, kepada para Caleg AKBP Wahyu Kuncoro menyampaikan, Kegiatan Ngobrol Kamtibmas ini adalah yang kedua kalinya, sebelumnya pernah dilakukan oleh pihaknya pada Dapil Satu dan ini merupakan sebuah program khusus Polres Aceh Timur untuk menjalin silaturrahmi antara Polri Dalam hal ini Polres Aceh Timur dengan para caleg demi terwujudnya Pileg Dan Pilpres 2019 yang aman damai dan sejuk.
Kami sebagai aparat keamanan memastikan kondisi keamanan di setiap daerah yang melaksanakan Pileg dan Pilpres dalam keadaan aman sehingga seluruh tahapanya dapat berjalan dengan baik.
Apa yang mendorong kita untuk mengikuti pencalonan yang perlu diingat aja lah tetap dalam nilai persatuan tentunya dengan semangat ibadah.
Di sini mungkin dari sudut pandang masalah apa namanya keagamaan terkait masalah proses pemilihan legislatif dan pemilihan presiden ini jadi kita jangan memisahkan antara proses demokrasi proses politik kita dengan masalah ibadah, hindari isu SARA juga berita Hoax. Himbau Kapolres.
Terkait dengan pileg dan pilpres 2019 disampaikan agar para caleg mengajarkan kepada masyarakat untuk cerdas dan bijak dalam proses demokrasi, karena banyak kegiatan black campaign dan tidak sehat, hoax dan kegiatan merusak baliho caleg lainnya dan kami juga menghimbau kepada para caleg agar ikut membantu peran kepolisian untuk bekerjasama menjaga kamtibmas dalam lingkungannya. Sambung Kapolres.
Dalam acara yang berlangsung mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB tersebut, para caleg juga diberi kesempatan untuk bertanya kepada Kapolres seputar kamtibmas dalam wilayah hukum Polres Aceh Timur.
Seperti yang disampaikan oleh Geuchik Banta (Caleg dari Partai Berkarya) yanga menanyakan, bagaimana teknis di lapangan apabila kami di lapangan mengalami gangguan-gangguan pada saat melakukan kegiatan.
Oleh Kapolres Aceh Timur disampaikan, Polri sebagaimana penegak hukum jadi setiap kegiatan-kegiatan yang  dilakukan akan kami amankan (kawal). Apabila tidak adanya Kepolisian yang melakukan pengamanan secara terbuka pasti ada anggota kami melakukan pengamanan secara tertutup di setiap kegiatan.
Selanjutnya terkait perusakan Alat Perga Kampanye (APK) juga ditanyakan oleh Masri (Caleg dari PAN).
Menanggapi pertanyaan tersebut, Kapolres  mengatakan, kami di Kepolisian tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di mana di dalam Sentra  Gakkumdu terdapat 3 (tiga) elemen yakni; Kepolisian, Panwaslih dan Kejaksaan. Oleh karena itu apabila para caleg menemui APK dirusak maka segera laporkan hal tersebut kepada Gakkumdu agar nantinya segera di tindaklanjuti. Jelas Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H.
Mengakhiri kegiatan Ngobrol Kamtibmas, Kapolres Aceh Timur bersama seluruh caleg masing-masing partai mendeklarasikan Pemilu Damai Tahun 2019.
Ditemui usai kegiatan tersebut Abu Mesir dan Marzuki Ajad (Caleg dari Partai Aceh) menyampaikan hal yang sama yakni mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Bapak Kapolres Aceh Timur yang telah menggelar acara ini.
“Bisa kami ibaratkan acar ini adalah mengurai selang yang tersumbat, karena selama ini kami selalu caleg masih banyak hal yang belum kami ketahui mekanisme pelaksanaan kampanye baik terbuka maupun tertutup dan pad hari ini semua sudah dielaskan oleh Bapak Kapolres beserta para Kasat apa dan bagaiamana mekanismenya apabila kami akan menggelar kampanye, sekali lagi terima kasih buat Bapak Kapolres Aceh Timur beserta segenap jajaranya.” Abu Mesir. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar