Sabtu, 05 Januari 2019

Polres Aceh Timur Simulasi Pengamanan Pemilu Di Kantor KPU


Tribrata News Aceh Timur-Ratusan personel anggota Polres Aceh Timur menggelar simulasi sistem pengamanan Pemilu Tahun 2019 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Aceh Timur, Sabtu (05/01/2019).
Simulasi pengamanan diperagakan begitu apik, mulai dari kerusuhan antara massa dan aparat, karena tidak menerima hasil pemilihan, hingga pengamanan dilakukan begitu cepat dan tepat menggunakan mobil baracuda.
Kegiatan simulasi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H dengan didampingi Wakapolres Kompol Warosidi, S.H, M.H dengan Perwira Pengendali Kabag Ops Kompol Raja Gunawan, S.H, M.M juga disaksikan langsung oleh Ketua KPU Aceh Timur Zainal Abidin S.E beserta anggota komisioner lainya.
AKBP Wahyu Kuncoro mengatakan pengamanan tersebut digelar Polres Aceh Timur dalam rangka kesiapan personel Polri untuk mengamankan tahapan pelaksanaan pemilihan presiden maupun pemilihan anggota legislatif.
"Ini merupakan simulasi pengamanan kota, hari ini juga bertujuan untuk melatih anggota Polri dalam menghadapi situasi yang anarkis atau situasi keributan saat unjuk rasa.
"Ini agar anggota mengetahui tahapan-tahapan yang harus dilalui jika ada unjuk rasa, mulai dari yang unjuk rasa damai hingga yang anarkis," ujarnya.
"Jumlah personel yang kita libatkan ini, hampir 150 orang, mulai dari anggota Polres termasuk para Kasat, anggota polsek berikut kapolseknya." Terang Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H.
Sebelumnya, Wakapolres Aceh Timur, Kompol Warosidi, S.H, M.H menjelaskan, Simulasi ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran secara faktual tentang kondisi Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) maupun di kantor KPU secara komprehensif.
Simulasi ini dilakukan untuk melatih kesiap siagaan dari personil Polres Aceh Timur apabila terjadi eskalasi meningkat yang terjadi baik itu di TPS maupun di kantor penyelenggara pemilu. Ini untuk membiasakan personil dalam menghadapi gangguan Kamtiubmas saat, maupun setelah pelaksanaan pemilu. Terangnya.
Sementara itu Kabag Ops Polres Aceh Timur, Kompol Raja Gunawan menerangkan, pada saat simulasi ini, yang jadi prioritas adalah bagaimana meredamkan massa yang beringas di kantor KPU Aceh Timur.
Lebih lanjut Ia menambahkan, dalam simulasi ini semua aturan pelaksanaan dan penanganannya akan dijelaskan melalui tahapan yang diperagakan dalam simulasi pengamanan Pemilu 2019. Seluruh regulasi akan dipaparkan melalui simulasi, dan potensi masalah yang ada itu disimulasikan.
Potensi -potensi masalah mungkin banyak terjadi dilapangan itu adalah hal yang lumrah ditemui, selain potensi tersebut diperkirakan akan muncul, terkait dengan adanya regulasi yang baru. Jelasnya. (Iwan Gunawan).

0 komentar:

Posting Komentar