TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Polres Aceh Timur Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS


Tribarata News Aceh Timur-Kepolisian Resor Aceh Timur menggelar Apel Pergeseran Pasukan Personel Satgas Operasi Mantap Brata Rencong 2019 yang akan melaksanakan pengamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah hukum Polres Aceh Timur, Senin (15/04/2019).
Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H dengan Perwira Apel Kabag Ops Kompol Raja Gunawan, S.H, M.M dan Komandan Apel Kapolsek Idi Rayeuk AKP Fazli.
Peserta apel terdiri dari 500 personel (anggota polres/polsek jajaran) dan 103 personel dari Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Aceh.
Mengawali amanatnya, Kapolres Aceh Timur menyampaikan ucapan selamat datang kepada BKO Polda Aceh yang akan ikut membantu Polres Aceh Timur dalam pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019. Selanjutnya dalam pelaksanaan tugasnya agar selalu berkoordinasi dengan kami selaku Ka Ops. Ujar Kapolres.
Lebih lanjut Kapolres menyatakan, bahwa pada saat ini Pemilu 2019 telah memasuki tahapan masa tenang dari tanggal 14 hingga tanggal 16 April 2019 yang mana pada masa tenang memiliki kerawanan gangguan kamtibmas antara lain rapat/kampanye gelap, serangan fajar, money politik, intimidasi, teror dan sabotase serta provokasi antar pendukung.
“Pada tahap pemungutan suara tanggal 17 April 2019, dapat berpotensi menimbulkan berbagai kerawanan antara lain menghalangi pemilih atau saksi, pengrusakan TPS/surat suara/kotak suara, kekurangan logistik, manipulasi hasil suara, pengrusakan serta pencurian kotak suara, protes dari saksi yang dapat menimbulkan kericuhan di TPS dan sebagainya, oleh karena itu kami tegaskan kepada kepada rekan-rekan yang melakasakan pengamanan TPS agar extra waspada dan berhati-hati juga bertanggungjawab.” Tegas Kapolres.
Pihaknya juga menghimbau kepada Perwira Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) TPS agar melaksanakan pegawasan dan pengendalian pada pelaksanakan Pam TPS, melaksanakan tugas dan prosedur dengan memahami peran, kenali dan bangun jejaring dengan petugas KPPS dan Linmas di TPS yang menjadi tanggung jawab diwilayahnya masing- masing.
“Tingkatkan Sinegritas dan Soliditas TNI, Polri dan seluruh komponen masyarakat. Senantiasa meningkatkan body system dalam pelaksanakan tugas guna mensukseskan Pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Aceh Timur.’’ Pesannya.
Kapolres juga menghimbau kepada seluruh anggota agar melaksanakan tugas dengan baik dan ikhlas.
“Kami mengucapkan terimakasih atas segala partisipasi peserta apel sekalian, semoga Allah S.W.T. senantiasa memberikan perlindungan dan kesehatan kepada kita semua dalam mengabdi kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Pungkasnya.
Hadir dalam Apel Pergeseran Pasukan Personel Satgas Operasi Mantap Brata Rencong 2019 diantaranya; AKBP Basri (Perwira Pengendali BKO anggota Polda Aceh), Kompol Bukhari (Wakil Perwira Pengendali BKO anggota Polda Aceh), AKP Parmohonan Harahap, S.H (Tim Pamatwil Polda Aceh), para kapolsek dan Pamatwil Polres Aceh Timur.
Usai memimpin apel, kepada wartawan Kapolres Aceh Timur mengatakan, Apel pergeseran pasukan ini bertujuan untuk melaksanakan pengamanan pada saat pemungutan dan penghitungan suara pada 1.091 TPS yang berada di wilayah hukum Polres Aceh Timur pada hari Rabu tanggal 17 April 2019.
Polres Aceh Timur, dalam hal ini menerjunkan sekitar 500 personel gabungan yang tediri dari 397 personel (polres/polsek) dan 103 personel BKO Polda Aceh. Selain itu Polres Aceh Timur juga dibantu 150 anggota TNI, 30 personel Brimob dan 2.178 anggota Linmas. Terang Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post