TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Ada Perpustakaan Mini di Sel Tahanan Polres Aceh Timur, Oase bagi Para Tahanan


Tribrata News Aceh Timur-Membaca buku di perpustakaan dilengkapi AC atau di taman bacaan sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagaimana jika membaca di sebuah perpustakaan yang berada di sel tahanan? 
Di sel tahanan Polres Aceh Timur, ada perpustakaan mini yang sengaja dibuat khusus bagi para tahanan. Membaca buku menjadi aktivitas harian para tahanan. Bahkan, perpustakaan mini ini menjadi oase bagi mereka.
Para tahanan bebas memilih buku kesukaan yang terpajang di rak buku di depan sel. Koleksi buku bermacam-macam, mulai dari buku agama, psikologi, hingga buku humor. Di ruangan khusus inilah mereka bersantai sejenak. Saat membaca, mereka bisa menghilangkan kejenuhan selama di tahanan.
Tahanan lain juga tampak menyenangi buku-buku agama. Bagi mereka, buku-buku itu membuat mereka semakin menyadari kesalahan dan ingin memperbaiki diri. “Saya senang membaca dan biasanya fokus dulu ke satu buku agama sampai selesai,” ujar seorang tahanan kasus kriminal.
Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolres) Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H, Kamis (11/07/2019) mengatakan, perpustakaan mini itu salah satu program yang diterapkan Polres Aceh Timur  bersamaan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun  (HUT) Bhayangkara ke-73 dengan maksud dan tujuan untuk membina tahanan dan agar mereka tidak bosan.
“Tahanan kan banyak waktunya terbuang. Jadi daripada pikiran ke mana-mana, melamun, kami isi dengan hal-hal positif, salah satunya membaca buku. Mereka pun senang dan merasakan manfaatnya. Bahkan mereka juga minta waktu untuk membaca. Makanya setiap hari kami tetapkan mereka membaca buku. Jadi sudah rutin setiap hari 1 sampai 1,5 jam,” Terang Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H.
Sementara itu Kasat Tahti Polres Aceh Timur, Ipda Dohar. H.P mengatakan keberadaan perpustakaan mini membuat para tahanan senang dan mendapat suasana baru selama ditahan di Polres Aceh Timur.
Sedangkan buku-buku bacaan tersebut, kami bekerjasama dengan Satuan Binmas Polres Aceh Timur yang ikut membantu menyediakan buku bacaan yang didominasi dengan buku-buku keagamaan dan pengetahuan umum.
Selain adanya perpustakaan mini, para tahanan setiap hari Senin dan Kamis diwajibkan menjalankan puasa sunnah dan sore harinya diadakan buka bersama dengan pimpinan Polres Aceh Timur juga siraman rohani dari ustadz yang didatangkan dari luar Polres Aceh Timur. Ungkap Kasat Tahti Polres Aceh Timur Ipda Dohar H.P. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post