Dukung Ketahanan Pangan, Kapolsek Peureulak Barat Beri Arahan Pedagang Pupuk


Tribrata News Aceh Timur-Sebagai bentuk kinerja Polri dalam mendukung program swasembada pangan pemerintah terutama mencegah penyimpangan pupuk bersubsidi dan pupuk palsu, kapolsek Peureulak Barat beri arahan kepada sejumlah agen juga pengecer pupuk di wilayahnya, Sabtu (24/08/2019).
Mendekati musim panen, banyak petani yang memerlukan pupuk dan obat pestisida agar tanaman padi tidak diserang oleh hama dan produksi berasnya berkualitas. Oleh karena itu, Ipda Eko Hadianto ingin memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi bagi petani di wilayah Peureulak Barat. Serta memonitor proses penyaluran dan pembelian dari petani agar tidak terjadi penyalagunaan dalam penggunaan pupuk sehingga mengakibatkan pupuk bersubsidi menjadi langka.
Ia juga mengingatkan kepada sejumlah agen dan penayalur pupuk terkait aturan yang ada dan himbauan agar tidak menjual pupuk subsidi kepada yang tidak berhak karena akan bisa menyebabkan kelangkaan bahkan konflik antar kelompok tani.
“Di wilayah kami ada sejumlah penjual pupuk bersubsidi dengan masing-masing kelompok tani. Setelah kami klarifikasi, untuk ketersediaan pupuk masih dalam kategori aman sampai musim tanam selanjutnya,” ujar Ipda Eko Hadianto.
Ia juga menyampaikan agar mewaspadai peredaran obat pertanian, karena jika obat-obatan palsu pihak petani bisa gagal panen.
“Kami menghimbau agen dan penyalur pupuk agar mewaspadai peredaran obat-obatan pertanian yang palsu dan juga kami berharap bila mendapati pemalsuan produk bisa langsung di laporkan ke Polsek Peureulak Barat”, tegasnya.
Dijelaskanya, “Dengan memberikan arahan kepada para agen dan pengecer pupuk untuk mencegah adanya penyelewengan dalam penyaluran pupuk bersubsidi di wilayah Kecamatan Peureulak Barat. Sehingga petani tidak dirugikan dan harapannya panen tahun ini hasilnya akan lebih bagus.” Pungkas Ipda Eko Hadianto. (Iwan Gunawan).

Post a Comment

0 Comments