Ini Cerita Kabag Ops Polres Aceh Timur Saat Melihat Penyandang Cacat


Tribrata News Aceh Timur-Menularkan kebiasaan baik tidak harus diawali dengan kesuksesan secara materi. Seperti halnya yang dilakukan oleh AKP Salmidin yang menyebar 'virus' sedekah kepada sesama.
AKP Salmidin yang belum lama ini dilantik menjadi Kabag Ops Polres Aceh Timur, pada Rabu (04/09/2019) siang terketuk hatinya saat melintas di Jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya di SPBU Seuneubok Meukeu, Kecamatan Idi Timur.
Saat itu AKP Salmidin melihat seorang laki-laki paruh baya yang secara kasat mata mengalami cacat fisik, di tengah teriknya matahari ia mengais rejeki dengan mengharap belas kasihan dari warga yang mengisi BBM di SPBU tersebut.
Naluri AKP Salmidin terketuk untuk membantu pria tersebut yang diketahui bernama Zupri (50). Lantas diajaklah anggotanya menuju Kota Idi Rayeuk dengan tujuan untuk mencari payung.
Setelah barang yang dicari didapat, bergegaslah AKP Salmidin bersama anggotanya kembali ke SPBU Seuneubok Meukeu untuk memberikan kepada Zupri.
“Tidak ada maksud apa-apa saya memberikan payung kepada abang itu, hanya saja timbul empati saya. Di tengah terik matahar, ia sanggup duduk berpanas-panasan tanpa pelindung kepala,” ujar AKP Salmidin.
Lebih lanjut ia mengatakan, apa yang saya lakukan ini merupakan salah satu upaya yang dapat menumbuhkan empati masyarakat terhadap keberadaan Polri. Dalam rangka membangun empati antara Polri dan masyarakat, perlu dipahami dua kemampuan ini, yakni kemampuan saling mempercayai dan kemampuan empati.
“Empati adalah kunci membina kepercayaan dari masyarakat. Rasa percaya relevan sekali dalam kondisi sosial tertentu. Pungkas Kabag Ops Polres Aceh Timur AKP Salmidin, S.E. (Iwan Gunawan).

Post a Comment

0 Comments