TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Memasuki Musim Penghujan, Polres Aceh Timur Koordinasi Dengan Pemkab Aceh Timur

Kasat Sabhara Polres Aceh Timur bersama anggota satgas siaga bencana sedang melakukan pengecekan alat perlengkapan  darurat bencana, Rabu (01/06).
Tribrata News Atim-Kepolisian Resor Aceh Timur, khususnya pada Satuan Sabahra membentuk satuan tugas (satgas) untuk antisipasi terjadinya banjir, tanah longsor maupun angin putting beliung yang terjadi, terutama di wilayah hukum Polres Aceh Timur, mengingat dalam 2 (dua) minggu terakhir intensitas curah hujan yang cukup tinggi.
Kasat Sabhara AKP Didik Suratno, pada Rabu (01/06) mengatakan, polisi memiliki tugas pokok dan fungsi untuk membantu, mengayomi juga melindungi masyarakat, di luar fungsi menjaga kamtibmas. Maka dari itu kita harus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Ungkap Kasat Sabhara.
Ditambahkannya, pembentukan satgas merupakan bentuk antisipasi dan persiapan masuknya musim hujan. "Tugasnya untuk mengantisipasi dampak awal dari banjir. Seperti contoh, kita tahu berapa hari yang lalu sudah hujan dan terjadi genangan air di beberapa lokasi di wilayah Banda Alam, Indra Makmur, Peureulak Barat dan Ranto Peureulak." Ujar AKP Didik Suratno.
Satgas banjir nantinya akan bekerja sama dengan instansi terkait yang memiliki kemampuan untuk menanggulangi bencana, khususnya banjir." Kita pastinya akan berkoordinasi dengan pihak terkait yang punya kemampuan."
Strategi yang akan dilakukan antara lain, memperkuat koordinasi antar intansi lainnya seperti TNI, PMI, SAR maupun lembaga sosial. Selain itu, kami juga akan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisasi pada daerah-daerah yang potensial berisiko banjir maupun longsor agar selalu waspada. Pelatihan dan gladi lapangan juga kami adakan untuk melatih kesiapsiagaan serta gelar kemampuan anggota yang tergabung dalam satgas ini juga menyiapkan dan menginventarisasi peralatan untuk penanggulangan bencana. Pungkas Kasat Sabhara Polres Aceh Timur AKP Didik Suratno. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post