TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Kapolres Berikan Bimbingan Tekhnis Penyususnan Perwabku Bagi Anggota Bhabinkamtibmas

Para Kapolsek dan Anggota Bhabikamtibmas menyimak presentasi Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M.Hum dalam penyusunan perwabku, Kamis (14/07)
Tribrata News Atim-Perwakilan Anggota Bhabinkamtibmas dari 18 Polsek berikut para Kapolsek selama 2 (dua) hari berturut-turut, sejak Rabu (13/07) hingga Kamis (14/07) memperoleh bimbingan dan pelatihan tekhnis penyusunan pertanggung jawaban keuangan (perwabku) dari Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum.
Bertempat di Aula Wira Satya, Kapolres yang didampingi Kabag Ops Kompol Rusman Sinaga, Kabag Ren AKP Endro Sudarsono, Kabag Sumda Kompol Dedi Kusrianto dan Kasat Binmas Iptu Ernijon menjelaskan dalam penyerapan Daftar Isian Pengguna Anggaran (DIPA), harus terserap dengan baik dan pada saat melakukan penyusunan perwabku juga harus benar serta bisa dipertanggungjawabkan sesuai pelaksanaannya.
“Jika dilihat dari jumlah desa yang ada di wilayah hukum Polres Aceh Timur terdapat 459 desa sedangkan jumlah Bhabinkamtibmas yang ada hanya 125 personil, sangat jauh dari ideal. Seharusnya 1 (satu) desa terdapat 1 (satu) Anggota Bhabinkamtibmas, meski demikian kami tekankan kepada seluruh Anggota Bhabinkamtibmas untuk bekerja dengan maksimal. Terkadang ada 1 (satu) Anggota Bhabinkamtibmas yang membawahi desa binaan lebih dari 5 (lima) desa, sehingga mereka mengalami kesulitan dalam menyusun perwabku, karena waktunya habis untuk turun ke desa.” Urai Kapolres.
Kapolres juga memberikan arahan dan penekanan tentang tugas pokok Bhabinkamtibmas diawali dengan Rengiat atau perencanaan kegiatan sehari-harinya untuk menunjang kinerja Bhabinkamtibmas, biasakan setiap kegiatan harus ada bukti pengeluaran.
Lebih lanjut Kapolres mengatakan, dengan diadakannya bimbingan dan pelatihan tekhnis penyusunan perwabku ini diharapkan para Anggota Bhabinkamtibmas lebih bisa menyesuaikan kapan saatnya turun ke masyarakat dan kapan saat menyusun perwabku, jika tidak demikian Anggota Bhabinkamtibmas akan kewalahan dengan sendirinya yang akhirnya penyusunan perwabku tertunda hingga beberapa bulan.” Ungkap Kapolres AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post