TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Kapolres Aceh Timur Bertatap Muka Dengan Masyarakat Peureulak Timur

Tribrata News Atim-Bertempat di Aula Kecamatan Peureulak Timur, pada Kamis (11/08) Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M.Hum melakukan tatap muka bersama unsur Muspika, Tokoh Agama, Tokoh, Pemuda, Ormas dan masyrakat Peureulak Timur. Kegiatan yang dikemas dengan pemaparan dan tanya jawab tersebut didahului dengan sambutan Camat Peureulak Timur, Abdul Muthalib yang mengatakan, kami merasa bangga sekaligus mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Kapolres di wilayah Peuereulak Timur dan diharapkan dengan adanya pemaparan kamtibmas yang disampaikan Bapak Kapolres ini berguna bagi peserta yang hadir khususnya dan utamanya bagi kemaslhatan masyarakat Peureulak Timur. Ujar Abdul Muthalib.
Sementara itu Kapolres dalam paparanya menyampaikan, agar masyarakat Peureulak Timur tetap menjaga situasi dan kondisi yang relatif aman dan kondusif seperti saat ini. “Kami minta dengan sangat kondisi yang demikian tetap dipertahankan, apalagi sebentar lagi akan menghadapi tahapan Pilkada, mari sama-sama kita jaga wilayah masing-masing agar tetap aman, nyaman dan kondusif sehingga tahapan demi tahapan Pilkada bisa berjalan dengan sukses. Ungkap Kapolres.
Lebih lanjut Kapolres menambahkan, masyarakat boleh berbeda pilihan akan tetapi jangan sampai dengan beda pilihan timbul gesekan yang menjurus ke perbuatan melanggar hukum.Pada hakekatnya setiap manusia yang hidup itu harus memilih, namun pilihan tersebut tidak harus ikut-ikutan akan tetapi sesuai dengan hati dan keyakinan masing-masing, jangan sampai dan mau terprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Himbau Kapolres.
Selain sosialisasi, Kapolres juga menyampaikan materi dalam bentuk slide sehingga peserta bisa melihat data dan angka kasus-kasus yang terjadi baik di Satuan Reskrim, Narkoba dan Laka lantas di wilayah hukum Polres Aceh Timur.
Sementara itu, salah satu peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, Abi Muhammad pimpinan Dayah Al Muna mengharapkan kepada Polres Aceh Timur agar lebih memberikan rasa nyaman terhadap masyarakat Peureulak Timur, terutama masalah narkoba yang mana diakui oleh Abi Muhammad bahwa peredaran narkoba sudah merambah ke pelosok-pelosok kampung di wilayah Peureulak Timur. Kondisi yang demikian menurut Abi Muhammad sudah sangat mengkhawatirkan para orang tua.
Menanggapi apa yang disampaikan Abi Muhammad, Kapolres menyambut baik harapan tersebut. Ditegaskan oleh Kapolres, dalam memerangi bahaya narkotika, apapun jenis dan golonganya, perlu peran serta seluruh elemen masyarakat terlebih orang tua, karena pengawasan terhadap anak, khususnya pelajar bukan mutlak tanggung jawab guru atau tenaga pelajar, mereka hanya 20 %.  Selebihnya tanggung jawab orang tua dan lingkungan. Sehingga orang tua harus ekstra hati-hati dalam mengawasi pergaulan putra-putrinya.
Selain narkotika, Kapolres juga menghimbau kepada peserta yang hadir dan nantinya disampiakan kepada warga lainnya, agar lebih memproteksi terhadap anak dalam menggunakan alat komunikasi dan kendaraan bermotor. Karena kedua piranti lunak tersebut bisa menjerumuskan anak kepada hal yang tidak kita inginkan bahkan maut.
Kapolres mencontohkan, kasus-kasus asusila yang ditangani oleh pihaknya dengan korban anak di bawah umur rata-rata bermula dari perkenalan dari jejaring sosial maupun telepon ataupun SMS. Meskipun mereka tidak saling mengenal dengan adanya alat komunikasi tersebut akan berakibat fatal, di mana kita sebagai orang tua lengah dengan kondisi yang demikian.
Selanjutnya masalah kendaraan bermotor, Kapolres menunjukkan data di layar yang menyatakan, dari bulan Januari hingga bulan Juli Agustus 2016 terdapat 48 korban meninggal dunia 45 diantaranya pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm dan itu didominasi anak di bawah umur dan rata-rata pelajar. Dengan data yang sedemikian rupa, Kapolres berharap dengan sangat agar lebih ketat lagi mengawasi putra-putrinya dalam menggunakan kendaraan bermotor. “Tegaskan kepada putra-putrinya jika mengendarai sepeda motor agar selalu memakai helm, serta melengkapi alat perlengkapan kendaraan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.” Pungkas Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post