TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Satlantas Polres Aceh Timur Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas Di Rantau Peureulak

Kasat Lantas AKP Tris Zeno Alkindi saat sosialisasi tertib berlalu lintas di Aula Kantor Camat Rantau Peureulak, Jumat (12/08)
Tribrata News Atim-Satuan Polisi Lalu lintas Polres Aceh Timur terus melakukan berbagai sosialisasi kepada masyarakat untuk taat dalam berlalu lintas. Kali ini pada pada Jumat (12/08) siang menggelar sosialisasi tertib berlalu lintas di Aula Kantor Camat Rantau Peureulak yang dihadiri unsur Muspika, Imum Mukim, para Geuchik, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda.
Kasat Lantas AKP Tris Zeno Alkindi dalam paparanya menyampaikan; Meski Rantau Peureulak letak geografisnya berada jauh dari jalan lintas propinsi, namun masyarakat dituntut untuk dapat memahami arti penting tentang keselamatan berlalu lintas. Hal ini didasari dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di wilayah sini, tercatat pada bulan Juli 2016 terdapat 2 (dua) kecelakaan lalu lintas dengan korban 2 (dua) orang meninggal dunia. Ujar Kasat Lantas.
Lebih lanjut Kasat Lantas mengatakan, di desa pun banyak masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor roda dua baik sarana transportasi maupun penunjang kerja namun demikian, hal tersebut tidak diimbangi dengan pemahaman tentang aturan berlalu lintas serta keselamatan dalam berkendara.
Ini terbukti ketika saat jam berangkat kerja/sekolah, masih banyak dijumpai masyarakat maupun pelajar yang mengendarai sepeda motor dengan tidak memakai helm, membonceng tidak memakai helm, berboncengan lebih dari satu, kendaraan tidak dilengkapi spion, knalpot bising, mengendarai sepeda motor sambil telpon/sms-an, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan lain sebagainya. Padahal sudah menjadi rumus pasti bahwa kecelakaan lalu lintas terjadi karena adanya pelanggaran lalu lintas. Papar Kasat Lantas.
Dalam kesempatan ini pula Kasat Lantas menyampaikan tujuan diselenggarakannya sosialisasi tertib dan keselamatan berlalulintas serta ketaatan pembayaran wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuaan kesadaran masyarakat dan pelajar yang ada di Rantau Peureulak diantaranya agar masyarakat memiliki kesadaran tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan memahami akan undang-undang lalu lintas, masyarakat tahu dan taat akan kewajibannya untuk membayar pajak kendaraan tepat waktu, masyarakat agar memiliki pengetahuan kewajiban dan hak-haknya untuk mendapatkan santunan dari jasa raharja apabila mengalami kecelakaan lalu lintas, peserta diharapkan setelah mendapatkan informasi dapat menyampaikan kepada lingkungan masyarakat lebih luas dan untuk pelajar sebagai pembekalan pengetahuan pentingnya tertib berlalu lintas yang baik, benar dan santun serta memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang kesadaran membayar pajak kendaraan bermotor dan asuransi jasa raharja.
Diharapkan nantinya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dapat terwujud, sehingga pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah Rantau Peureulak dapat berkurang, sesuai dengan kampanye pelopor keselamatan berlalu lintas yang digulirkan oleh Korlantas Polri dengan tagline: “Menuju indonesia Tertib, Bersatu, Keselamatan Nomor Satu.” Pungkas Kasat Lantas Polres Aceh Timur AKP Tris Zeno Alkindi. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post