TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Kasat Binmas Polres Aceh Timur Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Di Rutan Cabang Idi

Tribrata News Atim-Berbagai peristiwa yang telah menjurus kepada disintegrasi bangsa sudah banyak terjadi di sejumlah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena itu , sosialisasi empat pilar kebangsaan harus lebih digalakan secara merata ke seluruh wilayah NKRI agar dapat dipahami dan diamalkan demi utuhnya NKRI. “Melalui empat pilar kebangsaan, yakni UUD 1945, pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, kita harapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara demi terwujudnya Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.” Hal tersebut disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Aceh Timur Iptu Ernijhon dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diadakan di Rumah Tahanan Cabang Idi, pada Rabu (14/09).
Kasat Binmas mengingatkan akhir-akhir ini banyak potensi disintegrasi bangsa yang semakin meningkat baik secara kualitas maupun kwantitas. Hal ini sangat berbahaya bagi persatuan dan kesatuan bangsa. “Cara mencegahnya kita kuatkan potensi integrasi bangsa dengan melaksanakan Pancasila untuk mewujudkan UUD45 sehingga terbentuk NKRI yang ber Bhineka Tunggal Ika.” Tandas Kasat Binmas.
Ditambahkanya, berbagai persoalan yang terjadi di Indonesia saat ini disebabkan karena banyak pihak lalai dalam mengimplementasikan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Empat pilar kebangsaan dipandang sebagai sesuatu yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat Indonesia. “Empat pilar kebangsaan harus menjadi panduan kehidupan politik,menjalankan pemerintah, menegakan hukum, mengatur perekonomian dan berbagi dimensi kehidupan bernegara dan berbangsa lainya,” papar Wasman.
Diakhir sosialisasi Kasat Binmas mengingatkan, empat pilar kebangsaan dapat menjadi panduan yang efektif dan nyata apabila seluruh penyelenggara negara, baik dipusat maupun daerah, serta seluruh masyarakat konsisten mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. “Empat pilar dari konsepsi kenegaraan Indonesia tersebut merupakan prasyarat minimal bagi bangsa ini untuk bisa berdiri kukuh dan meraih kemajuan berlandasan karakter kepribadian bangsa Indonesia,” ujarnya.
Dalam kegiatan sosialisasi ini dihadiri Kepala Cabang Rutan Idi, Yusnaidi beserta pegawai dan stafnya juga seluruh warga binaan Rutan Cabang Idi yang berjumlah 409 orang.
Yusnaidi menyambut baik kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, menurutnya nilai-nilai kebangsaan bagi penghuni Rutan Idi juga sangat penting dalam menyegarkan ingatan penghuni Rutan akan pentingnya nilai-nilai kebangsaan. Ungkap Kepala Rutan Cabang Idi, Yusnaidi. (Iwan Gunawan).


Previous Post Next Post