TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Patroli Satuan Sabhara Polres Aceh Timur, Tertibkan Arus Lalu Lintas Pasar Idi Yang Semrawut

Tribrata News Atim-Kondisi pasar kota Idi Rayeuk setiap pagi hari selalu terlihat semrawut, hal ini disebabkan kendaraan yang parkir kurang tertata dan kurang pahamnya pengguna jalan tentang rambu-rambu lalu lintas. Seperti, sudah jelas ada rambu-rambu perboden (dilarang masuk) pengendara masih nekat melintas, akibatnya kondisi lalu lintas di sekitar pasar Idi menjadi semrawut. Melihat situasi yang demikian Anggota Satuan Sabhara Polres Aceh Timur yang sedang melakukan patroli, turun tangan untuk menertibkan kondisi yang demikian.
Kasat Sabhara Polres Aceh Timur AKP Didik Suratno, Jumat (09/09) mengatakan, anggota patroli kami setiap pagi hari memang kami perintahkan untuk melakukan giat secara mobile (keliling) dengan sasaran obyek-obyek vital serta fasilitas umum seperti pasar Idi. Ini merupakan bentuk pelayanan kami kepada masyarakat sekaligus mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.
Kegiatan yang dilakukan oleh anggota kami mengacu kepada tugas dan fungsi Satuan Sabhara, diantaranya: Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat; Mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas baik berupa kejahatan maupun pelanggaran serta gangguaan keterertiban lainnya; Melakukan tindakan represif tahapan awal terhadap semua bentuk ganguan kamtibmas; Melindungi keselamatan orang, harta benda dan masyarakat; Melakuan tindakan reperesif terbatas (tipiring dan penegakan perda); Pemberdayaan dukungan satwa dalam tugas operasional Polri dan Melaksanakan SAR terbatas.
Sedangkan fungsi Sabhara merupakan sebagian fungsi Kepolisian yang bersifat preventif yang merupakan keahlian dan keterampilan khusus yang telah dikembangkan lagi mengingat masing-masing tugas yang tergabung dalam fungsi Samapta perlu menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan masyarakat. Ungkap Kasat Sabhara.
Lebih lanjut Kasat Sabhara menambahkan, kami selalu menekankan kepada anggota Satuan Sabhara Polres Aceh Timur, menjadi seorang polisi tidak boleh takut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Polisi di lapangan harus tetap meberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat namun tetap meningkatkan kewaspadaan juga menjaga etika dan sopan santun.
Dengan memberikan pelayanan, perlindungan serta pengayoman yang demikian, diharapkan dapat meminimalisir tindakan kriminal yang bisa terjadi serta mengurai kemacetan di areal pasar dan pusat perbelanjaan kota Idi. Begitupun juga sebaliknya, masyarakat diharapkan dapat memberikan informasi, saran dan masukan untuk Polri melalui komunikasi dengan Anggota Patroli Sabhara Polres Aceh Timur. tersebut. Pungkas Kasat Sabhara Polres Aceh Timur AKP Didik Suratno. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post