TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Fungsi Binmas.

Tribrata News Atim-Guna meningkatkan sekaligus mengoptimalkan kinerja Bhabinkamtibmas, pada Senin (26/09) pagi, 30 Anggota Bhabinkamtibmas Polres Aceh Timur mengikuti Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Fungsi Binmas yang dilaksanakan di Aula Serba Guna Polres dengan instruktur Brigadir Ridwan Syahputra Kanit Binmas Polsek Nurussalam.
Kegiatan dibuka oleh Kabag Sumda AKP Ichsan dengan didampingi Kasat Binmas Iptu Ernijohn. Dalam sambutanya Kabag Sumda menekankan kepada Anggota Bhabinkamtibmas agar lebih peka dan peduli desa binaanya. Meskipun anggota Bhabinkamtibmas kita tidak sebanding dengan jumlah desa yang ada, namun dengan dedikasi, loyalitas dan etos kerja yang tinggi, segala hambatan maupun tantangan pasti akan terselesaikan dengan baik.
“Jumlah anggota Bhabinkamtibmas Polres Aceh Timur baru ada 125 personil sedangkan jumlah desa yang masuk dalam wilayah hukum Polres Aceh Timur sebanyak 459 desa, masih jauh dari ideal, namun demikian sesuai arahan Bapak Kapolres, agar keberadaan anggota Bhabinkamtibmas yang ada dioptimalkan kinerjanya, salah satunya dengan diadakannya pelatihan fungsi tekhnis seperti ini.” Ujar Kabag Sumda.
Lebih lanjut Kabag Sumda mengatakan, Pelatihan Fungsi Tekhnis ini  juga bertujuan meningkatkan fungsi-fungsi tekhnis kepolisian, salahsatunya fungsi Bhabinkamtibmas. Yang mana Bhabinkamtibmas melaksanakan tiga fungsi yaitu; sebagai Sabhara, Binmas dan Intelkam. Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri di desa atau kelurahan. Oleh karenanya, Anggota Bhabinkamtibmas diminta untuk aktif turun ke desa guna menyerap informasi secara langsung dari masyarakat. Ungkap Kabag Sumda.
Di akhir sambutanya, Kabag Sumda menyampaikan agar Bhabinkamtibmas terus semangat dalam melaksanakan tugas dengan menjaga nama baik institusi. “Ingat, rekan-rekan adalah anggota Bhabinkamtibmas yang setiap hari bersentuhan langsung dengan masyarakat. Penampilan harus rapi, etika bicara atau komunikasi juga harus disesuakian dengan masyarakat yang dihadapi dan terkahir atensi dari Bapak Kapolres, agar para Anggota Bhabinkamtibmas tidak meremehkan sekecil apapun konflik yang terjadi di masyarakat. Peran Bhabinkamtibmas sangat dituntut untuk ikut membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang timbul di tengah masyarakat, agar harkamtibmas bisa berjalan dengan baik. Pungkas Kabag Sumda Polres Aceh Timur AKP Ichsan. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post