TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Atas Himbauan Kapolsek, Warga Nurussalam Sudah Mulai Aktifkan Siskamling

Tribrata News Aceh Timur-Demi terciptanya keamanan dan ketertiban di setiap wilayah, perlu ada kesadaran dari masyarakat untuk  menggalakkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) dengan aktif melaksanakan ronda malam. Seperti yang diungkapkan oleh Kapolsek Nurussalam, Ipda Aiyub beberapa waktu lalu.
“Siskamling dengan ronda malam salah satu cara yang efektif untuk meminimalisir tindak kriminalitas seperti pencurian hewan, tanaman kebun, kendaraan bermotor atau aksi tindak kejahatan lainya.” Ungkap Ipda Aiyub, Minggu (23/10).
Ditegaskanya, keamanan menjadi tugas pokok kepolisian, namun di sini kami sangat terbantu dengan adanya partisipasi warga. Ronda adalah budaya lokal yang harus dilestarikan. Melalui ronda kami ingin menghidupkan kembali marwah kearifan lokal nusantara. Jelas Kapolsek.
Lebih lanjut Kapolsek menambahkan dengan adanya ronda malam, pada Sabtu (22/10) malam, warga Desa Bantayan mengamankan Ismail Bin Bani (46) warga Desa Teupin Pukat. Warga curiga dengan keberadaan Ismail yang notabene bukan pendududk setempat berada di desa tersebut pada malam hari dengan tujuan yang tidak jelas. Terlebih belakangan Desa Bantayan sering terjadi pencurian.
Warga lantas mengamankan Ismail yang kemudian ke Polsek Nurussalam. Setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif terhadap Ismail dia dinyatakan tidak bersalah maupun berbuat seperti yang dituduhkan warga kepadanya.
Hingga akhirnya dilakukan mediasi perdamaian dengan disaksikan Kapolsek Nurussalam, Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Nurussalam (Brigadir Oly Chandra, Briptu Dedi Suyatna), Geuchik Gampong Teupin Pukat (Baharuddin), Geuchik Gampong Bantayan (Jailani), Ketua Pemuda Desa Bantayan (Usman Yakob), Ketua Pemuda Teupin Pukat (Saiful Bahri) dan beberapa masyarakat Desa Bantayan.
Kapolsek menyampaikan apresiasi sekaligus berterimakasih kepada warga yang telah ikut membantu melaksanakan siskamling dan tidak main hakim sendiri. “Kami selalu siap berkoordinasi dengan warga demi meningkatkan kamtibmas khususnya di wilayah Nurussalam dan Darul Fallah. Semakin cepat koordinasi dan informasi yang kami dapat, maka semakin cepat penanganan yang kami lakukan.” Terang Kapolsek Nurussalam, Ipda Aiyub (Iwan Gunawan)
Previous Post Next Post