TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Polres Aceh Timur Cek Senjata Api Personel

Tribrata News Atim-Dalam menganti­sipasi penyalahgunaan senjata api oleh petugas Seksi Profesi dan Pengamanan (Sipropam) Kepolisian Resor (Polres) Aceh Timur menggelar pengecekan senjata api yang dibawa para anggota. Kegiatan itu berlangsung di halaman Polres Aceh Timur, Senin (17/10) pagi.
Wakapolres Aceh Timur Kompol Carlie Syahputra Bustamam, S.I.K yang ikut mengawasi pelaksanaan cek senjata tersebut mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kelayakan dan kebersihan senjata api yang dimiliki jajaran Polres Aceh Timur. Selain itu, menurut dia, pihaknya juga meme­riksa masa berlaku Kartu Ijin Pemegan Senjata Api anggota membawa senjata apakah masih aktif atau tidak. Sehingga ke depannya ia berharap tak ada lagi anggota yang menyelewengkan senjata untuk kepentingan pribadi. “Petugas polisi itu hanya boleh menggunakan senjata untuk kepentingan membela negara dan ketika melindungi masyarakat.” Ungkap Wakapolres.
Ia menambahkan, personel yang berhak memegang senjata api hanya yang memenuhi syarat yang telah ditentukan. Seperti kemampuan pengendalian diri yang baik, berkomunikasi yang baik dan menyesuaikan diri dengan baik. Menurutnya, ketiga syarat itu sangat penting dimiliki para petugas yang memimiliki senjata api. Sebab jika alat tersebut dipe­gang orang yang tak memiliki ketentuan tersebut, ia meyakini senjata api akan digunakan secara asal-asalan. “Tes psikologi yang untuk memastikan tiga syarat utama itu masih dimiliki polisi pemegang senjata,” ujarnya.
Menurut Wakapolres, pemegang senjata yang dimaksud adalah polisi yang setiap hari membawa senjata yang melekat, bukan yang membawa senjata saat pengamanan-pengamanan tertentu. Sehingga seorang petugas yang membawa senjata harus pintar menata emo­sinya. “Kami tidak mau hanya karena emosi sesaat, mereka menggunakan senjata untuk hal kepentingan pribadi.” Tegas Wakpolres Kompol Carlie Syahputra Bustamam, S.I.K.(Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post