TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Polsek Peureulak Barat Siap Mengawal Dan Mengawasi Penggunaan ADG

Tribrata News Aceh Timur-Penggelontoran Alokasi Dana Gampong (ADG) yang sangat besar jumlahnya, berpotensi penyelewengan, oleh karennya kepolisian akan ikut mengawasi penggunaanya dengan memberdayakan Anggota Bhayangkara Bintara Pembinanaan Dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk memastikan aliran dana tersebut tepat sasaran. Aparat penegak hukum diminta berpartisipasi sejak dini dalam pengucuran ADG. Selama ini, polisi (Polres Aceh Timur) menemukan beberapa laporan indikasi penyalahgunaan ADG di wilayah hukum Polres Aceh Timur. 
Hal tersebut merupkan Program Promoter Kapolri dalam hal “Memperkuat Kemampuan Pencegahan Kejahatan Dan Deteksi Dini Berlandasan Prinsip Pemolisian Proaktif Dan Pemolisian Yang Beoriantasi Pada Penyelesaian Akar Permasalahan.”  
Menindaklanjuti intruksi pimpinan Polri, Kapolsek Peureulak Barat pada, Kamis (27/10) menjadi mediator terkait keberatan warga Desa Tanjung Tualang terhadap Geuchik, Tuha Peut dan Sekdes desa tersebut. Warga menilai bahwa aparat gampong mereka kurang transparan dalam menyampaikan laporan pertanggungjawaban ADG Tahun 2015, sehingga Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Peureulak Barat turun tangan untuk memediasinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Bertempat di Aula Kecamatan Peureulak Barat, Kapolsek Peureulak Barat, Ipda Jusman terlebih dahulu mendengarkan awa permasalahan ADG tersebut dari aparat gampong Desa Tanjung Tualang yang dilanjutkan mendengar keberatan dari warga.
Setelah mendengar penjelasan dari kedua belah pihak, Kapolsek memberikan arahan, “Dalam menyelesaikan segala permasalahanharus didasari dengan semangat musyawarah dan kekeluargaan dengan begitu akan timbul mufakat yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.” Tegas Kapolsek.
 Hasil dari mediasi tersebut, warga kemudian menerima laporan pertanggungjawaban setelah Geuchik Desa Tanjung Tualang membacakan laporan penggunaan ADG Tahun 2015.
Kapolsek mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengawal dan mengawasi penggunaan ADG di wilayah Peureulak Barat, dengan mengoptimalkan kinerja Bhabinkamtibmas dan sinergitas bersama masyarakat.
Menurutnya, pengoptimalan Anggota Bhabinkamtibmas dalam mengawal dan mengawasi penyaluran serta penggunaan ADG dinilainya sangat efektif,  karena, para Bhabinkamtibmas bersentuhan langsung dengan masyarakat. Melalui bahasa komunikasi yang secara intens Anggota Bhabinkamtibmas akan bisa menyerap informasi secara langsung dari masyarakat. Terang Kapolsek.
Ditambahkanya, sesuai arahan dari  Bapak Kapolres Aceh Timur keberadaan Bhabinkamtibmas harus diberdayakan secara maksimal untuk memberikan pendampingan kepada para kepala desa, agar penggunaan ADG tepat sasaran dan bisa dipertanggungjawabkan, karena pembangunan dan pemberdayaan desa menjadi perhatian pemerintah pusat. Pungkas Kapolsek Peureulak Barat, Ipda Jusman. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post