TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Sukseskan Pelaksanaan Pemilukada 2017 Kapolres Aceh Timur Samakan Persepsi Dengan Panwaslih

Tribrata News Aceh Timur-Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum, pada Rabu (19/10) pagi menghadiri rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Aceh Timur yang diikuti seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan para Kapolsek yang berada di wilayah hukum Polres Aceh Timur.
Dalam kesempatan Zainal Abidin (Ketua), kepada Kapolres memperkenalkan keempat rekanya yang merupakan Komisioner Panwaslih Kabupaten Aceh Timur diantaranya; Heri Saputra, Faisal, Hermansyah dan Rita Fahlial.
Zainal Abidin mengatakan, pertemuan yang diselenggarakan pada hari ini merupakan upaya untuk mensukseskan Pemilukada 2017, yang aman dan damai. Pihaknya dalam melakukan pengawasan terhadap berlangsungnya Pemilukada 2017 perlu melakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk jajaran Polres Aceh Timur.
Menurutnya, Panwas sangat berperan penting membangun hubungan kerjasama dengan semua pihak, termasuk koordinasi dengan Komisioner Independen Pemilihan (KIP) selaku penyelengara Pemilukada dan Kepolisian selaku penjaga keamanan.” Ujar Zainal Abidin.
Untuk itu, lanjut Zainal Abidin, diharapkan Panwascam agar selalu berkoordinasi dengan Polsek di masing-masing kecamatan dalam melaksanakan tugas pemantauan Pemilkada nanti. “Harapan kami, hubungan kerja sama dan koordinasi bisa berlangsung dengan baik.” Ungkap Zainal Abidin.
Sementara itu Kapolres Aceh Timur, memberi penegasan terhadap Panwaslih dan Panwascam untuk menjaga indepensinya dalam menjalankan tugas sekaligus jangan menjadi pemicu terjadinya konflik. Hal tersebut dikarenakan Aceh Timur untuk Pemilukada 2017 ini hanya diikuti oleh dua pasangan calon Bupati/Wakil Bupati dan ini sangat berpotensial terjadinya permasalahan. Tegas Kapolres.
“Panwaslih dan Panwacam diibaratkan sebagai wasit dalam sebuah pertandingan dan pasangan calon bupati/wakil bupati adalah pemain dalam pertandingan tersebut, sedangkan kami (Polri) adalah yang menjaga dan mengawasi baik wasit maupun pemain. Sebuah pertandingan akan menjadi fair tergantung kepada wasit bagaimana ia memimpin jalanya pertandingan untuk itu kami tegaskan sekali lagi kepada rekan-rekan Panwas untuk tetap menjaga netralitasnya.” Imbuh Kapolres.
Pada kesempatan itu juga Kapolres juga memerintahkan kepada semua Kapolsek yang ada di Aceh Timur untuk dapat melakukan koordinasi dengan semua pihak dalam melakukan pengamanan Pemilukada 2107, termasuk dengan pihak Panwaslih dan Panwascam. “Dengan jalinan koordinasi yang bagus diharapkan Pemilukada Aceh dapat berjalan dengan aman dan lancar nantinya.” Pungkas Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post