TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Antisipasi Bencana, Polres Aceh Timur Lakukan Rapat Koodinasi Dengan Pemkab Aceh Timur

Tribrata News Aceh Timur-Mengantisipasi terjadinya bencana alam dengan sudah masuknya musim hujan, Kepolisian Resor Aceh Timur bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melakukan rapat koordinasi siaga bencana dengan yang dikemas dalam Forum Discussion Group (FDG) yang melibatakan bebrapa instansi Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP).
FDG yang berlangsung di Aula Serba Guna Polres Aceh Timur, pada Kamis (10/11) ini dibuka langsung oleh Wakapolres Kompol Carlie Syahputra Bustamam, S.I.K dengan didampingi Kasat Binmas Iptu Ernijon.
Dalam sambutanya Wakapolres mengatakan, Polres Aceh Timur siap untuk bekerjasama dan membantu Pemerintah Kabupaten AcehTimur dalam meningkatkan kesiapsiagaan terhadap penanggulangan bencana alam. "Ini merupakan tugas dan kewajiban kita bersama dan Polri juga akan selalu menciptakan suasana yang aman, nyaman dan berupaya meminimalisir kecemasan pada masyarakat terkait bencana." Terang Wakapolres.
Lebih lanjut Wakapolres mengatakan, Polri bertugas melindungi keselamatan masyarakat, harta jiwa raga dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban atau bencana termasuk memberikan bantuan dan pertolongan dengan tetap menjunjung tinggi Hak Azasi Manusia.
Menurutnya, dengan kejadian bencana dan keragamannnya, maka upaya penanggulangan bencana ini perlu ditangani secara komprehensip, multi sector terpadu dan terkoordinasi antar semua pihak. “Oleh karena itu pada kesempatan ini ada beberapa hal yang harus dipedomani yaitu satu laksanakan tugas penanganan bencana ala mini dengan dilandasi keiklasan sebagai ibadah melaksanakan tugas kemanusiaan.” Mencermati hal tersebut diperlukan langkah-langkah pro aktif untuk membantu masyarakat yang terkena bencana. Ungkap Wakapolres Aceh Timur, Kompol Carlie Syahputra Bustamam, S.I.K, M. Hum.

Sementara itu dari Pemerintah Kabupaten Aceh Timur yang hadir dalam FDG tersebut diantaranya dari Dinas Sosial, Alfian (Kasi Jamkesos Dan Pembinaan Pahlawan), Syahrizal Fauzi (Kasubsi BPBD), T. Amran (Kepala Trantib Satpol PP), Bahdarsyah (Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum) dan Mufhti (Perwakilan Dinas Kesehatan).
Alfian, Kasi Jamkesos Dan Pembinaan Dinas Sosial Kabupten Aceh Timur berharap dengan digelarnya FDG ini bisa lebih meningkatkan kesiapsiagaan diantara stakholder dan lembaga terkait guna optimalisasi penanganan bencana. Mengingat Kabupten Aceh Timur merupakan daerah etalasenya bencana alam seperti, banjir dan longsor. "Untuk itu perlu sekali peningkatan kesiapsiagaan bencana disemua lini dan diharapkan kepada masyarakat agar ekstra hati-hati terhadap perubahan cuaca. Ujar Alfian. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post