TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Jernih Himbau Warga Untuk Tidak Membakar Hutan Dan Lahan

Tribrata News Aceh Timur-Upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan terus ditingkatkan oleh Kepolisian Resor Aceh Timur beserta Polsek jajaran. Kali ini Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) pun diturunkan ke lapangan, guna cegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan.
Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Kasium Polsek Simpang Jernih Brigadir Haris Fredi dan Anggota Bhabinkamtibmas T.M Arif, pada Senin (07/11) siang yang melakukan kegiatan sambang desa di Desa Pante Kera, Kecamatan Simpang Jernih.
Dalam kesempatan tersebut mereka berdua juga menghampiri para petani yang sedang memanen padi gunung. Kepada para petani Brigadir Haris Fredi dan Anggota Bhabinkamtibmas T.M Arif menyampaikan imbauan berupa pesan-pesan terkait larangan membakar hutan dan lahan sekaligus memberikan pemahaman undang-undang  yang mengatur tentang larangan membakar hutan dan lahan termasuk sangsi pidananya.
Sementara itu Kapolsek Simpang Jernih, Iptu Ismail Samri menegaskan Kami telah mengarahkan para Babinkamtibmas yang bertugas di desa untuk menyampaikan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dalam membuka lahan perkebunan.” Ungkap Kapolsek.
Ditambahkanya, Sesuai dengan  Undang-undang Nomor 8 Tahun 2004 Tentang Perkebunan Pasal 8 Ayat 1 (satu) yakni bila dengan sengaja membuka atau mengolah lahan dengan cara pembakaran yang berakibat pencemaran dan kerusakan fungsi lingkungan hidup. Tidak hanya itu, pelaku yang membakar hutan juga melanggar Undang-undang  Nomor 32 Tahun 2009 pasal 108 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
Dengan memberikan penjelasan langsung kepada masyarakat serta memberikan pemahaman terkait Undang-Undang yang melarang membakar hutan dan lahan, serta ancaman hukumannya, masyarakat tidak lagi berfikir untuk membakar hutan maupun lahan. Terang Kapolsek Simpang Jernih, Iptu Ismail Samri. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post