TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Kapolres Aceh Timur Bersama KIP, Panwaslih Dan Sat Pol PP Membahas Penertiban Atribut Kampanye

Tribrata News Aceh Timur-Sebagai penyelenggara Pemilukada, Komisi Independen Pemilihan (KIP) bersama Panwaslih Kabupaten Aceh Timur akan segera menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Aceh dan pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Aceh Timur. Hal tersebut disepakati oleh para penyelanggara Pemilukada saat dikonfirmasi oleh Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum pada Senin (28/11) siang terkait semakin menjamurnya atribut kampanye yang dinilainya tidak sesuai peraturan.
Kapolres mengatakan, saat ini APK yang terpasang adalah atribut kampanye yang dibuat oleh kedua pasangan calon dan pemasangannya juga tidak sesuai ketentuan, itu yag menjadi perhatian kami. Sedangkan menurut peraturan, APK disediakan oleh KIP dan titik pemasanganya juga sudah ditentukan. Untuk itu kami memanggil KIP, Panwaslih dan Sat Pol PP untuk meminta penjelasan sejauh mana mereka dalam menyikapi hal ini. Ungkap Kapolres.
Setelah melalui pembahasan yang cukup alot, maka disepakati oleh Ketua KIP Iskandar A. Gani, Ketua Panwaslih Zainal Abidin, Kepala Sat Pol PP Adlinsyah dengan disaksikan oleh Kapolres Aceh Timur Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum, Kepala Kesbangpol M. Amin, Wakil Ketua Pengadilan Idi Darma Indo Damanik dan Kasi Intel Kejari Idi Khairul Hisyam atribut kampanye akan mulai ditertibkan pada Kamis (01/12).
Kepala Sat Pol PP Adlinsyah mengatakan penertiban atribut kampanye akan kami lakukan setelah adanya surat permintaan penertiban dari Panwaslih terlebih dahulu, karena kami tidak mempunyai kewenangan untuk menertibkan sebelum ada permintaan. Ujarnya.
Sementara itu Demi menciptakan situasi aman dan kondusif pada Pemilukada 2017, Polres Aceh Timur siap melakukan pengawalan terhadap Panwaslih dalam rangka menertibkan atribut kampanye.
"Polres Aceh Timur siap memberikan bantuan manakala dibutuhkan oleh Sat Pol PP dalam upaya menertibkan atribut kampanye, karena pada dasarnya penertiban sebenarnya merupakan wewenang Panwaslih dan Satpol PP. Namun kami siap memback-up." Ujar Kapolres, Selasa (29/11). 
Menurutnya, prosedur pengawalannya adalah jika pihaknya diminta bantuan oleh Panwaslih dengan terlebih dahulu melayangkan surat kepada Polres Aceh Timur. "Kalau mereka (Panwaslih-red) meminta bantuan pengamanan ke Polres, maka kami siap memberikan bantuan. Namun teknisnya tetap melayangkan surat secara resmi kepada kami.” Terang Kapolres.
Lanjutnya, Panwaslih dan KIP sebagai lembaga penyelenggara pemilu memiliki wewenang untuk menertibkan alat peraga kampanye yang terpasang pada tempat yang tidak sesuai aturan main yang berlaku. Ungkap Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto S.I.K, M. Hum. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post