TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Sambang Desa, Kasat Binmas Serahkan Peralatan Siskamling

Tribrata News Aceh Timur-Guna mendorong dan terpeliharanya keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di setiap lingkungan pemukiman warga, Polres Polres Aceh Timur beserta, Polsek Jajaran mengajak warga untuk mengaktifkan lagi program Sitem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di wilayah hukum Polres Aceh Timur.
Guna mendukung kegiatan Siskamling yang sudah terlaksana di sejumlah lokasi, Kepala Satuan Binmas Polres Aceh Timur, Iptu Ernijon menyerahkan bantuan peralatan siskamling di Pos kamling Desa Alue Bu Jalan Baroh, Kecamatan Peureulak Barat, pada Rabu (09/11) malam.
Kepada warga yang berada di Pos Kamling tersebut, Kasat Binmas mengatakan, masalah Kamtibmas bukan semata menjadi tugas dan tanggungjawab polisi saja, tapi menjadi tanggungjawab seluruh warga masyarakat. Sebab dengan luas wilayah hukum Polres Aceh Timur yang ada, serta keterbatasan jumlah personel, tidak mungkin masalah kamtibmas dibebankan sepenuhnya kepada pihak aparat keamanan.
Karena itu kata dia, dengan diaktifkannya kegiatan  Siskamling di tengah-tengah masyarakat, tentu akan sangat membantu tugas-tugas kepolisian, minimal 30-40 persen tugas Kepolisian sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat.
Selain itu juga imbuhnya, manfaat kegiatan Siskamling bagi warga masyarakat, bisa meminimalisir munculnya kejahatan-kejahatan yang mungkin terjadi di lingkungannya. “Rumus terjadinya kejahatan adalah adanya niat dan kesempatan. Meskipun seseorang memiliki niat untuk melakukan pencurian di rumah  warga, namun karena orang tersebut masih melihat di lingkungan tersebut ada ronda, maka pasti niatnya untuk mencuri tidak dilanjutkan. Ujar Kasat Binmas.
Pihaknya, berharap yang terpenting dalam mewujudkan kamtibmas di lingkungannya masing-masing, adanya kekompakan dan kebersamaan dalam bertindak untuk menghadapi setiap persoalan yang terjadi di lingkungannya. Ungkap Kasat Binmas Polres Aceh Timur, Iptu Ernijon. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post