TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Tim Identifikasi Polres Aceh Timur Bersama Tim Dari BKSDA Aceh Identifikasi Kematian Gajah Di Rantau Peureulak

Tribrata News Atim-Unit Identifikasi Satreskrim Polres Aceh Timur bersama Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Propinsi Aceh, pada Jum’at (18/11) siang melakukan identifikasasi dengan melakukan pengambilan example (contoh) darah, kotoran dan pembedahan gajah yang ditemukan mati oleh warga di area perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Dwikencana Semesta (DKS) yang terletak di Afdeling II, Desa Seumanah Jay, Kecamatan Ranto Peureulak. (Baca juga: )
Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum mengatakan, gajah berjenis kelamin betina tersebut mati diperkirakan sudah sekitar empat atau lima hari yang lalu, sedangkan umurnya diperkirakan 20 tahun.
Ditambahkannya, tahap pertama yang dilakukan oleh Unit Identifikasi Polres Aceh Timur dan Tim BKSDA Aceh adalah menyisir dalam radius 100 meter dari lokasi gajah yang mati tersebut. Hal ini untuk mengetahui apakah ada benda-benda yang mencurigakan. Tahap kedua adalah mengambil contoh darah dan kotoran gajah tersebut dan terakhir adalah melakukan pembedahan.
Pembedahan ini dilakukan oleh Tim dari BKSDA yang dipimpin oleh Nurdin dan bertujuan untuk mengambil hati, jantung, usus, limpa, lidah dan cairan usus dari gajah tersebut yang selanjutnya akan dibawa ke laboratorium. Untuk hasil lab itu sendiri, sekitar satu minggu ke depan baru bisa diketahui secara pasti apa penyebab kematian satwa yang dilindungi tersebut. Terang Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post