TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Antisipasi Kejahatan Di perairan, Sat Polair Polres Aceh Timur Lakukan Patroli

Tribrata News Aceh Timur-Kabupaten Aceh Timur secara geografis memiliki garis pantai terpanjang di Propinsi Aceh sehingga membuat pengawasanyang ekstra ketat untuk mengantisipasi masuknya barang-barang illegal dari luar negeri terutama narkotika, mengingat di Aceh Timur banyak pelabuhan tikus yang bisa dimasuki kapal atau boat ukuran kecil.
Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum melalui Kasat Polair Iptu Pidinal Limbong, Senin (05/12) mengatakan, untuk mengantisipasi hal tersebut, Satuan Polisi Perairan (Sat Polair) Polres Aceh Timur secara rutin melaksanakan patroli di perairan Selat  Malaka yang masih wilayah hukum Polres Aceh Timur. Patroli perairan merupakan patroli khusus Polair sebagai upaya mencegah tindak pidana yang terjadi di perairan dan masuk dalam wilayah hukum Polres Aceh Timur.
“Patroli perairan semacam ini setiap minggunya kami laksanakan, hanya jam pelaksanaanya yang kami rubah setiap harinya dalam satu minggu.” Kata Kasat Polair.
Kasat Polair manambahkan, dengan melaksakan patroli pada jam yang berbeda tentunya sangat efektif, karena para pelaku kejahatan tidak bisa membaca kebisaan patroli.
Selain itu, Kasat Polair menambahkan, pihaknya memfokuskan pengawasan yang dilakukan anggota Sat Polair  dan menyebar untuk mengawasi perairan pantai yang masuk dalam wilayah hukum Polres Aceh Timur. "Polair Polres Aceh Timur kini sudah siaga penuh," imbuhnya.
Di lapangan, kata Kasat Polair, penyiagaan anggota Sat Polair Res Aceh Timur mengerahkan sebanyak 12 personil dan kapal C3 denga tujuan melakukan antisipasi secara dini, menyangkut penyelundupan barang-barang illegal khususnya narkoba.
"Ada 12 personil setiap hari yang dikerahkan dan melibatkan kapal C3 untuk menjaga garis pantai di wilayah hukum Polres Aceh Timur." Urai Kasat Polair.
Selain itu, pihaknya juga mengintensifkan pemeriksaan kepada pihak tidak dikenal atau dicurigai yang ingin masuk secara ilegal di perairan Aceh Timur.
"Pemeriksaan terhadap bersandarnya kapal nelayan di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI), Idi, sekaligus memeriksa barang bawaannya untuk mengantisipasi barang illegal terutama narkoba masuk ke Aceh Timur melalui laut." Terang Kasat polair Polres Aceh Timur, Iptu Pidinal Limbong. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post