TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Kapolres Aceh Timur Beri Arahan Kepada Linmas Penjaga TPS

Tribrata News Aceh Timur-Bertempat di Halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, pada Kamis (09/02) pagi Kapolres Aceh Timur memberikan arahan kepada anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang akan bertugas melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat pelaksanaan Pemilukada tanggal 15 Februari 2017 mendatang.
Dalam arahanya Kapolres menegaskan kepada para anggota Linmas untuk menjalankan tugas secara tegas dan tanggungjawab. “Laksanakan tugas saudara secara tegas dan bertanggungjawab, karena peran sauadara saat itu adalah sebagai polisi di seputar TPS sehingga kewenangan dan tanggungjawab di lingkup TPS ada di pundak saudara-saudara semua,” tegas Kapolres.
Apabila ditemukan orang yang mencurigakan, lanjut Kapolres segera hubungi petugas keamanan Polisi atau TNI yangtidak jauh dari lokasi TPS. “Kalau ada orang yang tidak berkepentingan di lingkungan TPS, Linmas berhak mengusirnya bila perlu tangkap dan serahkan kepada petugas keamanan (TNI/Polri),” imbuh Kapolres.
Dikatakan oleh Kapolres, bukan hanya TPS saja yang dilakukan pengamanan, akan tetapi kotak suara juga harus diawasi. Jangan sampai kotak suara baik sebelum pencoblosan maupun setelah pencoblosan berpindah tempat tanpa sepengetahuan petugas Linmas.
Untuk memudahkan pengawasan dan pengamanan, silahkan saudara-saudara mencatat nomor handphone saya, informasikan kepada saya melalui SMS atau kirim foto jika terdapat kendala di lapangan,” ujar Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum.
Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Sekrertaris Daerah, M. Ikhsan Ahyat menyerahterimakan anggota Linmas yang akan melakukan pengamanan TPS kepada Polres Aceh Timur dan Polres Langsa.
Serahterima yang dikemas dalam sebuah upacara tersebut diawali penandatanganan serah terima Linmas yang dilanjutkan amanat oleh pembina upacara. Dalam amanatnya Sekda Aceh Timur mengatakan, pada kesempatan ini kami mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat, di kabupaten Aceh Timur untuk bersama -sama bertekad menyukseskan penyelenggaraan Pemilukada 2017.
Jumlah Linmas yang akan melaksanakan tugas pengamanan TPS sebanyak 1.542 orang terdiri dari 24 Kecamatan, 513 Desa dan 771 TPS. Dengan rincian: Untuk wilayah hukum Polres Aceh Timur jumlah Linmas 1.362 orang terdiri atas 21 Kecamatan dan Untuk wilayah hukum Polres Langsa jumlah Linmas 180 orang terdiri atas 3 kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Timur antara lain: Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Ranto Selamat, Kecamatan Birem Bayeun. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post