TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Kapolsek Nurussalam Sosialisasi Kenakalan Remaja Dan Bahaya Penyalahgunaan Narkotika Di MTSN Nurussalam

Tribrata News Aceh Timur-Puluhan pelajar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Nurussalam, pada Jum’at (03/01) pagi mendapatkan materi bimbingan khusus terkait kenakalan remaja dan bahaya narkotika oleh Kaposlek Nurussalam, Iptu Aiyub.
Dalam kesempatan tersebut,kepada para pelajar Kapolsek mengatakan, masa remaja merupakan salah satu fase perubahan yang kritis bagi manusia baik fisik maupun psikis. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi dirinya dalam proses perubahan tersebut. Penyebabnya bisa oleh karena faktor keluarga, lingkungan, pergaulan, media komunikasi, media hiburan, pengaruh globalisasi, serta kurangnya pemahaman tentang peraturan hukum yang berlaku dan faktor lainnya.
“Pergaulan anak baru gede saat ini dibarengi dengan perkembangan teknologi informatika yang mudah didapatkan melalui handphone maupun warnet sehingga hal-hal yang positif bisa didapatkan dengan cepat, juga hal-hal yang negatif semakin banyak didapat dari perkembangan tehnologi.” ujarnya. Melihat perkembangan yang demikian sangat rentan generasi muda dekat dengan kenakalan remaja juga penyalahgunaan narkotika.
Melalui penyuluhan ini, diharapkan para pelajar MTSN Nurussalam dapat menanamkan sikap disiplin dan kejujuran agar generasi muda dapat benar-benar memahami peraturan tata tertib sekolah dari norma-norma agama agar jauh dari penyalahgunaan narkotika.” Ujar Kapolsek.
Menurutnya, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat pisau bermata dua, satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi yang memungkinkan generasi muda dalam meningkatkan kapasitas pengetahuan dan skill, namun di sisi lain membawa dampak negatif.
"Informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudah. Lahirnya generasi baru yang memiliki pola pikir serba cepat, instan, lintas batas, cenderung menjadi individualistik dan pragmatis," ungkapnya.
"Kami tekankan kepada adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah ini akan pentingnya melaksanakan berbagai kegiatan positif, seperti mengaji, olah raga, belajar kelompok, diskusi dan lainnya," kata Kapolsek.
Ia berharap dengan pola penyuluhan berbasis pendekatan langsung kepada pelajar seperti ini, generasi muda utamanya pelajar MTSN Nurussalam terhindar dari tindak kenakalan remaja juga bahaya penyalahgunaan narkotika.
Kapolsek juga meminta kepada pihak sekolah agar melakukan pengawasan dan memberi bimbingan serta arahan-arahan yang positif kepada para pelajar MTSN Nurussalam agar tidak terjerumus kepada narkotika dan melakukan hal-hal yang negatif.
Kami juga membuat komitmen bersama dengan slogan “Katakan Tidak Pada Narkotika” dengan sunguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. Terang Kapolsek Nurussalam, Iptu Aiyub. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post