TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Satpolair Polres Aceh Timur Tingkatkan Latihan SAR


Tribrata News Aceh Timur-Sejumlah personel Satuan Polisi Peraiaran (Satpolair) Polres Aceh Timur, melaksanakan latihan bersama Search and Rescue (SAR) di perairan Idi, Rabu (29/08/2018).
Menurut Kasatpolair Polres Aceh Timur Iptu Pidinal Limbong yang memimpin kegiatan tersebut mengatakan, latihan ini untuk mempersiapkan personel Polair Polres Aceh Timur apabila ada bencana alam baik di darat maupun di air siap diterjunkan ke lapangan.
“Bahwa latihan SAR air merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus dilatihkan kepada anggota, untuk meningkatkan kemampuan anggota Satpolair Polres Aceh Timur secara konsisten dan berkesinambungan. Apabila terjadi bencana atau kecelakaan baik di darat maupun di air maka anggota di lapangan sudah apa yang harus dia lakukan,” jelas Iptu Pidinal Limbong.
"Selain itu lanjut Iptu Pidinal Limbong, tujuan dari pelatihan bersama ini untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam kegiatan menyelam, sehingga dengan demikian mereka akan menjadi lebih percaya diri, memperoleh pengetahuan baik secara teori maupun praktis mengenai kegiatan penyelaman guna mendukung kegiatan SAR di perairan," terangnya.
Dalam latihan SAR ini diberikan materi latihan bagaimana cara mengevakuasi dan penyelamatan terhadap korban tenggelam maupun bencana banjir dengan menggunakan tali, ring boy, pelampung dan perahu karet. Selain itu juga diberikan latihan bagaimana cara menolong korban yang pingsan. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post