TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Polres Aceh Timur Simulasi Pengamanan Pemilu Dan Penanggulangan Unjuk Rasa


Tribrata News Aceh Timur-Jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, Polres Aceh Timur gelar simulasi pengamanan pemilu dan penanggulangan unjuk rasa (Unras) di halaman Polres Aceh Timur, Rabu (10/101/2018).
Simulasi penanggulangan unjuk rasa anarkis bertujuan agar personel yang terlibat pengamanan pemilu faham akan tugas pokok dan fungsi, serta peran masing-masing satuan, baik di tingkat polres maupun polsek.
Sementara itu, rangkaian giat simulasi pengamanan Pemilu Tahun 2019 dan penanggulangan unjuk rasa anarkis juga dalam rangka kesiapan Polres Aceh Timur melaksanakan Operasi Mantab Brata Rencong 2018.
Kabag Ops Polres Aceh Timur Kompol Raja Gunawan, S.H, M.M yang selaku Perwira Pengendali dalam simulasi tersebut mengatakan, ini adalah peragaan atau simulasi penanggulangan unras, harapan kami, itu tidak terjadi secara nyata. jikapun terjadi, kami siap untuk mengamankannya.
Kami juga menyampaikan, apresiasi kepada seluruh personel Polres Aceh Timur dan polsek yang mendukung pelaksanaan simulasi ini. Terangnya.
Dalam simulasi tersebut berpedoman pada Perkap Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian.
Diperagakan sekelompok warga yang merasa memiliki hak pilih mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS), mereka menganggap penyelenggara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat tidak becus. Dan akan mengerahkan massa untuk menindaklanjuti hasil itu.
Aksi saling dorong tak terhindarkan sehingga polisi memasang pagar kawat berduri dan memukul mundur para demonstran untuk bubar. Aksi warga justru semakin brutal melawan petugas. Regu pengurai massa (Raimas) dikerahkan, menyemprotkan air ke kerumunan massa. Tak membuahkan hasil, petugas menembakkan gas air mata sehingga massa membubarkan diri. (Iwan Gunawan).
Previous Post Next Post