Gambar

Gambar

Kapolres Aceh Timur Ajak Masyarakat Hargai Jasa Pahlawan


Tribrata News Aceh Timur-Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Bagian Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Aceh Timur melaksanakan upacara bendara memperingati hari pahlawan yang ke-74 tahun 2019 yang mengambil tema Upacara tersebut mengangkat tema "AKU PAHLAWAN MASA KINI" .
Upacara yang berlangsung di lapangan apel Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur dengan Inspektur Upacara Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K,M.H, Senin (11/11/2019).
Hadir dalam upacara ini diantaranya; Asisten I Setdakab Aceh Timur Syahrizal. S.S.T.P. M.A.P, Asisten III, M. Amin. S.H,M.H, Danpos Lanal Idi Letda (Laut) Fahmi, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Timur di wakili oleh KTU Akli Zikrullah. S.Ag, M.H, Para Kabga, Kasat, Perwira Polres Aceh Timur Para Kapolsek, Para Danramil, Para Kepala OPD dalam Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, Ketua MPA Kabupaten Aceh Timur Tgk. Alaudin. S.E, Bhayangkari Cabang Aceh Timur, Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XXI Kodim 0104/Aceh Timur, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Kabupaten Aceh Timur, Para PNS di lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dan Perwakilan Ormas Pemuda Pancasila.
Adapun peserta upacara terdiri dari; 1 (satu) SST personil Polres Aceh Timur, 1 (satu) SST personil TNI gabungan Koramil Jajaran kodim 0104/Aceh Timur, 1 (satu) SST Personil TNI dari Kompi B/111 Peudawa, 1 (satu) SST Sat Pol PP dan WH Kabupaten Aceh Timur, 1 (satu) SST pegawai pegawai Dinas Perhubungan dan BPBD Kabupaten Aceh Timur, 1 (satu) SST gabungan PNS Pemkab Aceh Timur dan perwakilan pelajar.
Dalam sambutannya, Kapolres Aceh Timur yang membacakan pidato sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Juliari P. Batu Bara menyampaikan, bahwa setiap hari pahlawan, diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
"Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia,” kata Eko Widiantoro.
Ia menyebutkan, peristiwa perang mengingatkan bahwa kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja. Namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.
"Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan perjuangan tersebut, hendaknya perlu terus di tumbuh kembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia," terangnya.
Dengan peringatan hari pahlawan, kata Eko, diharapkan akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan Bung Karno yang menyatakan bahwa "Hanya Bangsa Yang Menghargai  Jasa  Pahlawannya Dapat Menjadi Bangsa Yang Besar".
"Kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini," ujarnya.
Kapolres menambahkan, jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorba nan tenaga, harta bahkan nyawa.
"Sekarang untuk menjadi pahlawan bukan hanya mareka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan keselamatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional," tutup Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K, M.H.
Usai upacara Kapolre Aceh Timur berserta unsur Forkopimda yang menyerahkan santunan kepada keluarga Veteran diantaranya; Keluarga Pahlawan Ismail Bensih, Keluarga Pahlawan Muhammad Daud, Keluarga Pahlawan Suhaimi, A.R, Keluarga Pahlawan Muklisah, Keluarga Pahlawan Hafsah, Keluarga Pahlawan Rohana dan Keluarga Pahlawan Hanifah. (Iwan Gunawan).

Post a Comment

0 Comments