Gambar

Gambar

Peran Nyata Bhabinkamtibmas Polsek Peureulak Timur Dorong Minat Baca Anak


Tribrata News Polres Aceh Timur-Polri bukan lagi sekadar alat negara di bidang kamtibmas. Fungsi sosial dan pendidikan juga dituntut publik. Apa saja yang telah ditunjukkan polisi di dua bidang ini.
Dalam hal ini Kapolsek Peureulak Timur Ipda Fauzi Atmaja, S.H menegaskan, Bhabinkamtibmas adalah bagian yang menjalankan fungsi ganda. Oleh karenanya ia menginisiasi dengan membuat perpustakaan keliling. Perpustakaan ini sekaligus menjadi miniatur peran Polri mendorong pendidikan anak-anak.
“Kalau pendidikan anak desa maju, berarti secara umum pendidikan kita sudah maju,” katanya Ipda Fauzi Atmaja, Minggu, (09/02/2020).
Menurutnya, tak perlu dengan terobosan besar, cukup dengan memperhatikan sarana yang mereka butuhkan. Itu akan mengangkat harkat anak-anak desa dalam berkompetisi merebut masa depan.
“Semakin banyak yang peduli semakin baik. Pemerintah tinggal mengarahkan, jelas Ipda Fauzi Atmaja
Menurutnya, meski terlihat sangat sederhana, perpustakaan keliling ini punya andil besar mendorong minat baca warga dalam wilayah hukum Polsek Peureulak Timur.
Dikatakanya, kehadiran perpustakaan keliling ini disambut gembira warga. Pepustakaan yang diberi nama "Perpustakaan Keliling Motor Pintar Bhabinkamtibmas Saweu Gampong"mendapat apresiasi dan sambutan yang luar biasa oleh masyarakat terutama anak-anak sekolah. Mereka senang karena di sini banyak literatur yang bisa mereka manfaatkan tanpa harus keluar uang. Dulu membaca tabu bagi warga, sekarang orang tua mendorong anaknya ke perpustakaan keliling Bhabinkamtibmas Polsek Peureulak Timur. Tegas Ipda Fauzi Atmaja.
“Perpustakaan ini memberi manfaat besar. Tidak sekadar mendorong minat baca, tapi juga menjadi wadah berkumpul yang positif, sehingga anak-anak punya penyaluran yang tepat. Setidaknya bisa menangkal mereka dari pengaruh buruk lingkungan.” Jelas Kapolsek Peureulak Timur Ipda Fauzi Atmaja, S.H.
Secara terpisah, Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K,M.H memuji kreatifitas Kapolsek Peureulak Timur lewat terobosannya dengan memfungsikan Bhabinkamtibmas, kini bisa menjalankan fungsi sosial dan pendidikan.
“Jadi polisi itu tidak lagi melulu identik dengan kamtibmas saja. Polisi juga bisa terjun dalam kegiatan sosial dan pendidikan,” ujar Kapolres.
Terbukti, Bhabinkamtibmas Polsek Peureulak Timur dengan keterbatasan, mampu mendirikan perpustakaan keliling untuk warga. Saya berharap, ini menjadi cerminan bagi Bhabinkamtibmas yang lain dalam wilayah hukum Polres Aceh Timur untuk mencari gagasan-gagasan baru untuk masyarakat. Ungkap Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K,M.H. (Iwan Gunawan).

Post a Comment

0 Comments