Gambar

Gambar

Dukung Program Ketahanan Pangan, Bhabinkamtibmas Polsek Indra Makmu Bina Warga Menanam Nilam


Tribrata News Polres Aceh Timur-Bhabinkamtibmas Polsek Indra Makmu Aipda Basri membina warga Desa Blang Nisam untuk mewujudkan program kemandirian pangan keluarga.
Hal itu dilakukan dengan membudiyakan menanam nilam. Tanaman nilam adalah penghasil minyak atsiri atau minyak nilam. Tanaman ini umum dimanfaatkan bagian daunnya untuk diekstraksi minyaknya dan diolah menjadi parfum, bahan dupa, minyak atsiri, antiserangga, dan digunakan pada industri kosmetik. Harga jual minyak nilam termasuk yang tertinggi apabila dibandingkan dengan minyak atsiri lainnya.
Dengan memanfaatkan lahan/pekarangan, Aipda Basri mengajak warga untuk menanam nilam guna menopang ekonomi keluarga.
“Pembinaan sudah berjalan lebih kurang 1,5 tahun. Dengan adanya program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemrintah semakin banyak warga yang ikut bergabung.” Ujar Kapolsek Indra Makmu Ipda Abdul Mufakhir, S.H, Rabu, (03/06/2020).
Selain lahan kosong Bhabinkamtibmas juga mendorong warganya mewujudkan program mandiri keluarga dengan memanfaatkan ruang kosong, halaman rumah dan gang-gang rumah untuk dapat ditanami nilam atau jenis tanaman lain yang dikonsumsi sehari hari.
Program Mandiri Pangan Keluarga yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas tersebut perlu ditingkatkan kembali apalagi dalam situasi Covid-19 seperti ini" sambung Ipda Abdul Mufakhir.
Pihaknya berharap, kepada warga khususnya, masyarakat Indra Makmu agar dapat mewujudkan Program Ketahanan Pangan. Sehingga mampu mengatasi dampak akibat pandemi Covid-19.
"Mari, bersama dan serentak kita mendukung Program Ketahanan Pangan," seru Kapolsek Indra Makmu Ipda Abdul Mufakhir. (Iwan Gunawan).

Post a Comment

1 Comments