TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Penerimaan Taruna AKPOL dan Tamtama, Polres Aceh Timur Laksanakan Rikmin Awal


Tribrata News Polres Aceh Timur-Panitia Bantuan Penerimaaan (Panbanrim) Polri Polres Aceh Timur melaksanakan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Seleksi Penerimaan Terpadu Calon Anggota Polri Tahun Anggaran 2020 untuk Taruna Akademi Kepolisian (AKPOL) dan Tamtama Polri bertempat di Gedung Serba Guna Polres Aceh Timur, Jum’at (03/07/2020).
Selain memeriksa berkas pendaftaran, petugas juga mengukur tinggi badan dan berat badan pendaftar.
Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro,S.I.K,M.H melalui Kabag Sumda Kompol Bukhari mengatakan Polres Aceh Timur selaku Panbanrim di tingkat Polres, kami telah menerima beberapa berkas pendaftar.
“Para pendaftar ini sebelumnya telah mendaftar secara online mulai tanggal 07 Maret sampai dengan 10 April 2020 dan verifikasi di Polres Aceh Timur,” katanya.
Dari pendaftar itu, perinciannya terdiri dari pendaftar Taruna AKPOL sejumlah satu orang, sedangkan untuk Tamtama sejumlah sembilan orang.
“Tahapan pendaftaran masih di Pabanrim Polres Aceh Timur. Saat ini masih dilakukan Rikmin Awal berkas para pendaftar. Pemeriksaan meliputi kelengkapan berkas-berkas pendaftaran serta ukur tinggi badan dan berat badan serta masing-masing pendaftar menjalani rapid test,” tutur Kabag Sumda.
Dalam Rikmin Awal, Polres Aceh Timur melibatkan tim internal dan eksternal. Tim eksternal berasal dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pendidikan dan Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Aceh Timur dan Urkes Polres Aceh Timur. Sedangkan tim internal dari Sie Propam dan Siwas Polres Aceh Timur,” jelas Kabag Sumda.
Ditambahkanya, bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri menerapkan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis).
“Untuk transparansi, hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka, masing-masing peserta seleksi bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat ke tahap berikutnya,” tuturnya.
Setelah lolos seleksi administrasi awal di Panbanrim Polres Aceh Timur, para pendaftar akan mengikuti tahap seleksi berikutnya di tingkat Polda Aceh.
Selain itu, Kabag Sumda juga mengimbau kepada para pendaftar agar tidak mudah percaya kepada oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan sebagai anggota Polri.
“Belajar yang baik, persiapkan fisik dan juga mental yang baik, percayakan pada kemampuan diri sendiri. Itu yang terpenting. Pendaftaran ini Tidak dipungut biaya apapun, masuk Polri tidak dipungut biaya/gratis.” Pungkas Kabag Sumda Polres Aceh Timur Kompol Bukhari. (Iwan Gunawan).

Previous Post Next Post