Gambar

Gambar

Kapolres Aceh Timur: Dibutuhkan Ketegasan Dalam Mendisiplinkan Masyarakat Untuk Mematuhi Protokol Kesehatan


Tribrata News Polres Aceh Timur-Masyarakat perlu disadarkan untuk dapat membedakan antara mitos dan fakta terhadap Covid-19. Jika masyarakat sudah memiliki keyakinan yang benar terhadap protokol kesehatan, maka mereka akan menyebarkan hal tersebut kepada warga lainya. Hal seperti itu menjadi lebih mudah dan cepat dalam memahamkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari Covid-19.
Selain itu, mengontrol perilaku disiplin menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB) dapat dibangun melalui upaya pemerintah bersama elemen-elemen masyarakat, memastikan kecukupan faktor-faktor pendukung, seperti halnya bantuan sosial bagi warga terdampak Covid-19.
Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro,S.I.,M.H saat menjadi nara sumber pada kegiatan Konferensi Pers Pers Gugus Tugas Pencegahan Dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Timur dengan media, Rabu, (19/08/2020).
Lebih lanjut Kapolres menyatakan, kami dari Kepolisian (Polres Aceh Timur) dan TNI (Kodim0104) juga Pemerintah Kabupaten Aceh Timur telah melakukan berbagai upaya untuk memutus penyebaran Covid-19. Mulai melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitas umum, menyerahkan bantuan sembako juga masker karena masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Ungkap Kapolres.
Oleh karena itu lanjut Kapolres mengatakan, kami dari Kepolisian dan TNI mendapat tugas dari Presiden RI untuk membantu Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.
“Marilah semua pihak untuk bekerjasama mengajak masyarakat selalu menjalankan disiplin protokol kesehatan. Harus diingat bahwa kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan menjadi kunci keberhasilan mengendalikan pandemi,” tegas Kapolres.
Kapolres juga meminta peran media massa, diharapkan media bisa meyajikan berita yang bisa mengedukasi kepada masyarakat berujung pada perubahan perilaku dalam menyikapi pandemi.
Menurut Kapolres, persoalan saat ini tidak hanya pada kesadaran terhadap konteks kesehatan, tetapi mengubah perilaku. Sehingga media sangat mempunyai dan peran penting untuk membangun persepsi masyarakat dari sisi kultur atau budaya dan sosial.
Tertib dan disiplin dalam melaksanakan adaptasi kebiasaan baru harus terus ditingkatkan demi mempercepat penanganan pandemi Covid-19 guna menuju hidup yang penuh harapan. Maka dari itu jadikan protokol kesehatan  ini ajang untuk mendisiplinkan diri. Pungkas Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro,S.I.K,M.H. (Iwan Gunawan).

Post a Comment

0 Comments