TRIBRATA NEWS POLRES ACEH TIMUR

Cegah Karhutla, Kapolres Aceh Timur Himbau Warga Untuk Tidak Membakar Saat Membuka Lahan


Tribrata News Polres Aceh Timur-Meningkatnya temperatur udara dan berkurangnya intensitas curah hujan dalam satu bulan terakhir, menjadi pertanda wilayah di Kabupaten Aceh Timur khususnya akan memasuki musim kemarau.

Terkait hal itu, Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro,S.I.K.M.H. meminta warga agar menjaga lingkungan dengan cara tidak membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kami menghimbau dengan sangat kepada warga agar tetap menjaga lingkungan, jangan sampai saat kemarau, warga membuka lahan dengan cara dibakar, karena selain akan dikenai sanksi pidana, dengan membakar hutan ataupun lahan itu akan berpengaruh terhadap aktivitas kehidupan masyarakat, kesehatan, perkembangan ekonomi karena kabut asap yang ditimbulkan," ujar AKBP Eko Widiantoro, Minggu (28/02/2021). 


Kapolres juga sudah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan pemantauan, khususnya terkait Karhutla. Dia juga meminta peranan semua pihak, baik tokoh masyarakat, pemerintah desa dan lainnya, agar ikut berperan dalam megantisipasi Karhutlah di wilayah hukum Polres Aceh Timur. 

Pihak kepolisian mengingatkan, jika warga tetap melakukan pembakaran lahan tentunya akan dilakukan tindakan tegas dengan mengedepankan penegakan hukum berikut Undang-Undang yang dapat dikenakan kepada pelaku pembakar hutan.

Undang Undang tersebut yakni, Undang undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Pasal 78 ayat 3 berisikan pelaku pembakaran hutan dikenakan sanksi kurungan 15 tahun dan denda maksimal Rp. 5 miliar. Lalu Pasal 78 ayat 4 berbunyi pelaku pembakaran hutan dikenakan sanksi kurungan 5 tahun dengan denda maksimal Rp. 1,5 miliar. 

Kedua, Undang undang Nomor 18 Tahun 2004 tentang Perkebunan. Pasal 8 ayat 1 menyebutkan bahwa seseorang yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar, dikenakan sanksi kurungan 10 tahun dan denda maksimal Rp. 10 miliar. 

Ketiga Undang undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Pasal 108 menyatakan seseorang yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar dikenakan sanksi minimal 3 tahun dan maksimal 10 tahun serta denda maksimal Rp. 10 miliar. 


“Kita berharap tentu nya tidak ada lagi karhutla, terutama di wilayah hukum Polres Aceh Timur. Tentunya itu bisa terwujud dengan kerja sama dan peran serta baik TNI, Polri, Pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat yang saling bekerja sama mencegah terjadinya Karhutla dengan melakukan sosialisasi dan pendekatan yang intens kepada masyarakat pemilik lahan agar tidak membakar lahannya." Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro,S.I.K.M.H. (Iwan Gunawan).

Previous Post Next Post